Dana Pendidikan Ternate Dialokasikan 35 persen

/ Sabtu, 18 Juni 2016 / 08.43
Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) kota Ternate, Maluku Utara, mengalokasikan anggaran untuk dana pendidikan mencapai 35 persen sebagai upaya mengejar ketertinggalan dari sisi kualitas siswa.

"Alokasi anggaran pendidikan minimal 20 persen dari APBD dan kami mengupayakan di atas 35 persen," kata Kadisdiknas Kota Ternate, Muhdar Din, di Ternate.

Dia mengatakan, undang-undang yang mengamanatkan 20 persen itu, kemudian berdasarkan putusan MK bukan saja hanya belanja langsung dan tidak langsung.

Tetapi, di dalamnya pembiyaan dan termasuk gaji guru-guru ketika dihitung secara keseluruhan, maka Pemkot Ternate sudah melewati angka 20 persen sebagaimana perintah undang-undang.

"Saya kira sudah melebihi 35 persen alokasi dana untuk pendidikan yang masuk, sehingga jika dilihat dari besarannya, maka dikalkulasi dengan gaji guru yang sangatlah banyak dan ketika dihitung secara total dengan pembiayaan sebagainya maka sudah melebihi amanat undang-undang 20 persen itu dengan berkisar Rp35 miliar," katanya.
Komentar Anda

Berita Terkini