Kodim 1501 Ternate Serahkan 33 Ekor Satwa Dilindungi ke BKSDA

/ Jumat, 24 Juni 2016 / 07.05
TERNATE- Kodim 1501/Ternate, Rabu (22/6) menyerahkan 33 ekor satwa endemik Maluku Utara (Malut) berupa 31 ekor Nuri Ternate dan 2 ekor Kakaktua Alba kepada Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah Ternate Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Malut.

Satwa-satwa tersebut merupakan hasil penggalangan Satgas Yon Armed 12/K kepada masyarakat yang ada di kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat. Satwa ini kemudian diserahkan secara sukarela setelah diberikan pengertian tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem dan lingkungan hidup kepada masyarakat.

Dandim 1501/Ternate, Letkol Inf. Subarda Tri Wahyudi, saat di konfirmasi mengatakan, dirinya yang menyerahkan langsung 33 ekor Satwa kepada Polhut Pelaksana BKSDA, Alim Mahmud di Kantor BKSDA Seksi Konservasi Wilayah I Ternate yang berlokasi di area Bandar Udara Sultan Babullah Ternate yang kemudian satwa tersebut akan menjalani proses konservasi sebelum nantinya akan dilepas kembali ke habitat asalnya.

Lanjut Dandim, usai penyerahan, ia menyampaikan bahwa ke-33 satwa liar tersebut merupakan hasil penggalangan personel satgas Yon Armed 12/K di daerah Ibu Selatan yang kemudian diserahkan ke pihak Kodim untuk kemudian diserahkan kepada BKSDA.

“Program penggalangan kembali satwa-satwa endemik yang terancam punah merupakan salah satu langkah kita untuk tetap menjaga kelestarian ekosistem. ini diharapkan agar Satwa tersebut dapat hidup di alam bebas. Selain itu kita juga memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem dan keberadaan beberapa satwa endemik yang terancam punah, keberadaan satwa tersebut sangatlah penting untuk dilindungi termasuk keasrian habitatnya, keseimbangan ekosistem perlu dijaga karena secara tidak langsung pula berkaitan dengan ketersediaan sumber daya untuk menopang hidup manusia,"tandas Dandim. (Penrem 152/Babullah/tim)
Komentar Anda

Berita Terkini