Penebangan Kayu Loging Terancam Ditolak Warga

/ Senin, 27 Juni 2016 / 02.51
HALSEL-PT. Nusa Pala Nirwana, salah satu perusahaan yang rencananya melakukan kegiatan penebangan kayu bulat di 3 kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, mendapat sorotan dari elemen pemuda. Meskipun, belum beroprasi, hal tersebut karna telah ada kejadian pasca penebangan sebelumnya oleh perusahaan yang lain.

Wilayah operasi tersebut antara lain, Kecamatan Gane Barat Utara (Garut), Gane Barat, dan Kecamatan Gane Timur di Kabupaten Halsel. Hal itu dikemukakan Rajak Idrus, salah satu aktivis pemuda di Kabupaten Halsel Maluku Utara.

"Kami akan melakukan konsolidasi ke masyarakat, untuk menolak kehadiran perusahaan tersebut," tegas Rajak.

Dirinya mengakui, jika kehadiran perusahaan dapat memberikan kontribusi terhadap daerah, namun dilihat dari pengalaman sebelumnya saat perusahaan beroprasi, justru lebih besar dampak buruknya ketimbang kontribusi yang dirsakan masyarakat.

Menurut, Rajak Idrus, bahwa kesejahteraan masyarakat bukan bergantung pada kehadiran perusahaan, tetapi bagaimana pemerintah harus berpikir bagaimana cara yang lebih baik dengan tidak mengorbankan kepentingan hidup masyarakat.

"Jika perusahaan tetap ngotot untuk beroprasi, maka akan berhadapan dengan masyarakat," ancam Rajak.

Ia juga meminta kepada pemerintah, agar mampu mencari alternatif lain yang mendatangkan pendapatan daerah, bukan hanya mencari infestor untuk menggorogoti hutan yang pada akhirnya masyarakat yang dikorbankan dari dampak paska kegiatan penebangan.

"Kami berharap kepada pemerintah untuk tidak mengeluarkan izin beroprasi perusahaan tersebut," tegas Rajak. (SNR)
Komentar Anda

Berita Terkini