Warga Ternate Digegerkan Temuan Makam Sultan Kalabata

/ Senin, 20 Juni 2016 / 08.53
TERNATE- Warga Ternate Maluku Utara, kembali digegerkan dengan ditemukannya makam Sultan Kalabata (Jou Kacili Bakuku atau Uka), sultan ke 4 dari Kerajaan Ternate.

Dari kesaksian penjaga gunung gamalama, Jasmin, warga Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah. Dirinya mengaku mendapat pesan tersirat melalui mimpi bahwa ada makam tua tepatnya di Kedaton Ici (Keraton Kecil) tempat peristrahatan Sultan Ternate, tepatnya dibibir pantai gunung gamalama.

Dia menjelaskan, usai menerima pesan tersebut malam itu juga se mpat terjadi gempa bumi. “dirinya mengatakan gempa bumi tersebut akan ada sesuatu yang akan timbul, berupa batu yang menyerupai batu Nisan,” akunya.

Jasmin kemudian menyampaikan pesan yang diterimanya ke Imam Kedaton Ici, Kamarullah Thaib. Imam Kedaton Ici lalu menanyakan kepada dirinya, sebenarnya apa yang terjadi dan di mana letaknya? Selanjutya Jasmin beranjak dari tempat duduknya dan berjalan keluar. “Tiba-tiba ia memanggil saya untuk menyaksikan sebuah makam tua yang tak jauh dari Kadaton Ici,” kata Jasmin.

Dengan ditunjukkan makam tua tersebut, Ia mengaku tidak bisa berbicara. “saya menyaksikan sendiri dengan mata telanjang. Lagi pula yang namanya mistis saya orang yang paling tidak percaya hal-hal seperti ini,” jelas Jasmin.

Ditemukan batu nisan yang diyakini sebagai makan Sultan Kalabata tersebut, Jasmin kemudian langsung mengambil dua gelas yang di isi air asin (air laut) yang ditaruh diatas makam dan satu gelasnya lagi diletakkan di atas meja.
Keesokan harinya, Jasmin bersama Imam Kadaton Ici yang disaksikan warga. Ternyata diantara dua gelas tersebut salah satu air berubah menjadi warna kekuning-kuningan dan satu gelas airnya masih jernih.

Terpisah, Imam Kadaton Ici, Kamarullah Thaib menceritakan bahwa air asin yang di letakan ditempat yang terpisah dan ternyata satu gelas berubah warna menjadi kekuning-kuningan.

”saya pun langsung meminum air yang berwarna itu, ternyata air itu tidak seperti air yang biasanya di minum,” tandas Imam itu. Mau bilang ini air tawar atau air sumur tapi rasanya tidak sama seperti air biasa di minum, air didalam gelas itu rasanya seperti air zam-zam,” tutup Imam Kadaton Ici. (**)
Komentar Anda

Berita Terkini