Cegah Luapan Banjir, Sungai Panamboang Dinormalisasi

/ Senin, 11 Juli 2016 / 03.48
Ikhsan : Perbaikan Jembatan Menunggu RAB

LABUHA, Nusantaratimur.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), telah melakukan normalisasi sungai di Desa Panamboang Kecamatan Bacan Selatan, sehingga tidak terjadinya luapan air pada saat banjir. Hal itu dilakukan, setelah banjir banjir yang terjadi pada Sabtu (2/7) pekan lalu.
Kepala BPBD Halsel, Iksan Subur, kepada Nusantaratimur.com, Ia mengatakan. Banjir yang terjadi pada pecan lalu hingga merusak jembatan pengubung antara Desa Panamboang dan Desa lainnya, karna sungai di Desa Panamboang sudah dangkal, sehingga pada saat terjadi banjir luapan air keluar dari badan sungai.

Hal tersebut langkah yang dilakukan oleh BPBD Halsel, adalah melakukan normalisasi sepanjang 200 meter, lebar 10 meter dan kedalaman 10 meter, dengan menghabiskan anggaran kurang lebih 300 juta, yang bersumber dari Dana Tak Terduga (DTT) yang melekat pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPKAD) Halsel.  "Setelah banjir baru-baru ini, pemerintah langsung melakukan normalisasi," kata Iksan

Sementara jembatan dan fasilitas lainnya yang rusak, hingga saat ini belum diperbaiki, Iksan mengaku saat ini masih dalam perhitungan RAB, sehingga pihaknya belum memastikan jumlah anggaran yang akan digunakan untuk perbaikan, selain itu pihaknya juga belum mengetahui, hanya saja dari kerusakan tersebut, BPBD Halsel, secepatnya melakukan perbaikan, sehingga tidak mengganggu akses kendaraan yang ke pusat kota Labuha. (SNR)
Komentar Anda

Berita Terkini