Kota Tikep Kembali Raih Adipura ke-8 Kali

/ Senin, 25 Juli 2016 / 09.17
TIDORE-Suasana Penjemputan Piala Adipura kategori Kota Kecil Terbersih untuk kedelapan kalinya Minggu (24/7) berlangsung sangat meriah. Penghargaan Adipura Buana merupakan yang pertama kali di masa Kepemimpinan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Senin yang dibawa langsung oleh Wali kota Tidore, Capt. Ali Ibrahim. dan Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (DTRK), Yunus Badar dari Riau tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate pukul 08.00 WIT.

setibanya di Bandara Sultan Babullah Ternate, rombongan dijemput oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar dan Gudang Pemkot Tidore Kepulauan, Yaser Muhammad bersama 6 orang Petugas Pembersih Jalan. selanjutnya melakukan Arak-arakan menuju Bastiong dan menyeberang ke Pelabuhan Rum Tidore.

Di Pelabuhan Rum, Adipura disambut oleh Wakil Wali Kota Muhammad Senin, Ketua DPRD Anas Ali, Plt. Sekda Kartini Elake, serta Unsur Muspida, Wakil Ketua TP PKK, Pimpinan SKPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta PNS Kantor Wali Kota Tikep, selanjutnya diserahkan kepada Petugas Pembersih Jalan atau Laskar Sogoroho Gam.

Para petugas diberikan kehormatan untuk membawa Piala Adipura atas kerja keras mereka selama ini untuk menjaga kebersihan lingkungan. Perwakilan yang membawa Piala ini dilakukan oleh Bapak Ali Syamsi dan Senen Barakati yang kemudian diarak menuju kantor Wali Kota.

Suasana arak-arakan yang berlangsung dari Kel. Rum hingga Kel.Dowora disambut dengan suka cita oleh masyarakat Kota Tidore Kepulauan, tampak masyarakat memadati di setiap jalan yang dilalui oleh rombongan pembawa Adipura dan tiba di Kantor Wali Kota sekitar pukul 10.00 WIT.

Wali Kota Tidore, Capt. Ali Ibrahim menyampaikan terima kasih serta rasa penghargaan yang tinggi kepada masyarakat yang telah turut berpartisipasi selama ini membantu membersihkan serta menjaga Kota ini dan juga kepada seluruh SKPD yang turut membantu sesuai dengan lokasi kerja yang telah ditetapkan sehingga dapat meraih piala Adipura untuk kedelapan dan untuk pertama kalinya dimasa masa kepemimpinannya.

Lanjut dia, rasa bangga kepada Petugas kebersiahan atau yang dikenal dengan Laskar Sogoro Gam, sebab disaat sebagian besar warga Kota masih terlelap dalam tidur, mereka telah bangun dipagi gelap buta, menyusuri jalan untuk membersihkan dan membuat indah Kota.
Dirinya berharap, semoga prestasi Nasional yang telah dicapai dapat memotivasi jajaran Pemerintah Kota dan seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan untuk terus bekerja keras dan saling bekerjasama guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat kedepan.

"Saya berjanji akan memperjuangkan nasib dan kesejahteraan para petugas kebersihan dengan berupaya meningkatkan insentif. Namun semua itu akan tetap memperhatikan kemampuan daerah," tutup Ali.

Piala Adipura ini merupakan kali ke 8 Kota Tidore Kepulauan meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla kepada Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim pada tanggal 22 Juli lalu di Istana Siak, Kabupaten Siak Propinsi Riau.

Kota Tidore Kepulauan merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Propinsi Maluku Utara yang berhasil meraih Penghargaan Piala Adipura Buana (Kota yang mampu membuat wilayahnya liveable).
Tujuh Adipura sebelumnya berhasil diraih Kota Tidore Kepulauan di masa kepemimpinan Wali Kota Ahmad Mahifa, sejak tahun 2007 sampai tahun 2013. Kedepannya Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menargetkan harus mampu meraih penghargaan kategori Adipura Kirana atau kota yang mampu membuat wilayahnya Attractive. (a/r)
Komentar Anda

Berita Terkini