Tanpa Rekomendasi Camat, Rekomendasi BPM dan Otdes Tidak Keluar

/ Jumat, 15 Juli 2016 / 04.25
Bustamin : Kegiatan Tidak Tuntas, Pencairan Tidak Dapat Dilakukan
HALSEL, Nusantaratimur.com- Bustamin Soleman, yang beru menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Otonomi Desa (BPM dan Otdes), Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara (Malut), tampaknya tidak main-main dengan masalah pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2016.
Sebagai Kepala BPM dan Otdes Halsel, Bustamin Soleman, yang baru menjabat beberapa pekan ini, dengan tegas mengatakan. Bahwa, jika ada Pemerintah Desa (Pemdes) yang menyalagunakan ADD dan DD tahap I tahun 2016, maka pencairan tahap II terancam tidak bisa dilakukan, karna sebelumnya pencairan para kepala-kepala desa, diwajibkan membuat laporan pertanggungjawaban sesuai dengan progres dan anggaran yang dicairkan tahap pertama, sehingga dapat dilanjutkan pada tahap kedua. "Laporan harus dimasukan dulu, baru bisa cair," tegas Bustamin.
Selain itu, seluruh progres dilapangan harus disampaikan ke camat di masing-masing wilayah kecamatan, sehingga camat dapat mengeluarkan rekomendasi pada saat melakukan pencairan tahap II, jika tidak disertakan rekomendasi camat, maka BPM dan Otdes Halsel, tidak akan mengeluarkan rekomendasi untuk mendapatkan Surat Permintaan (SPM) dari Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPKAD) Halsel.

"Setiap laporan, BPM dan Otdes juga butuh rekomendasi dari masing-masing camat," tegas Bustamin.
Sementara anggaran tahap II DD, hingga saat ini belum ada tranfer dari Pemerintah Pusat, namun bagi desa yang telah menyelesaikan kegiatan tahap pertama sudah dapat menyampaikan laporan kegiatannya ke BPM dan Otdes. (SNR)
Komentar Anda

Berita Terkini