Apdesi Halsel, Warning Panitia Pilkades Kabupaten

/ Kamis, 25 Agustus 2016 / 01.14
HALSEL, Nusantaratimur.com-  Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), tingkat Kabupaten yang melekat di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Otonomi Desa (BPM dan Otdes) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), diminta memperjelas terkait dengan tahapan pilkades, yang saat ini banyak menimbulkan persoalan.

Hal itu ditegaskan, Asosiasi Kepala Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Halsel, melalui juru bicaranya Ahmad R. Adam. Pasalnya, belakangan ini banyak masalah yang muncul terkait dengan penjaringan pilkades ditingkat desa.

Menurut Ahmad,  menyatakan munculnya berbagai persoalan ditingkat desa, karena diduga panitia pilkades tidak konsisten dan tidak serius mengawal tahapan-tahapan, yang saat ini sedang berjalan.

"Tahapan ini, kalau dikawal tentunya setiap masalah akan diminimalisir," kata Adam.

Apdesi, Kata Adam. Selaku lembaga perhimpunan kepala-kepala desa di Kabupaten Halsel, tidak menginginkan adanya konflik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat desa, hanya karena gara-gara keperpihakan panitia pilkades di desa pada melakukan penjaringan ada kesan keperpihakan, dan persoalan itu dibiarkan oleh panitia pilkades tingkat kabupaten.
Data yang dihimpunn Apdesi Halsel, yakni terdapat beberapa panitia Pilkades seperti di Desa Pulau Gala Kecamatan Kepaulauan Joronga, Desa Galala Kecamatan Mandioli Selatan, Desa Bisori Kecamatan Kasiruta Barat, yang terindikasi melakukan diskriminasi terhadap para calon kades tertentu, masalah tersebut harusnya segera diselesaikan oleh panitia pilkades tingkat kabupaten, sehingga tidak ada masalah yang dibiarkan berlarut-larut, hingga menimbulkan konflik di masyarakat.

"Kami meminta, agar setiap persoalan yang terjadi pada panitia pilkades tingkat desa, segera ditinjau langsung oleh panitia pilkades tingkat kabupaten," pintanya.

Adam, juga meminta kepada seluruh kepala desa agar lebih bijaksana, menyikapi setiap persoalan yang terjadi di masyarakat, terkait dengan pilkades, sehingga agenda pilkades serentak yang dilakukan di Kabupaten Halsel, dapat berjalan sukses.

"Kami meminta dukungan para kepala desa, agar pilkades di Halsel berjalan sukses," tutup Adam (ctr)
Komentar Anda

Berita Terkini