Benahi Pendapatan Daerah, DPPAD Malut Bakal Tertibkan Perusahan Tambang

/ Selasa, 09 Agustus 2016 / 02.15
SOFIFI, Nusantaratimur.com- Fokus benahi pendapatan daerah,  sejumlah perusahan tambang di Maluku Utara, bakal akan ditertibkan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendapatan dan Pengeloaan Aset Daerah (DPPAD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut), Imam Makhdy Hassan, kepada Nusantaratimur.com, senin (8/8). Dia menyatakan saat ini pihaknya tengah fokus menertibkan identitas perusahaan Tambang di Malut yang masih beroperasi,  agar penarikan pendapatan disektor pajak bisa optimal.

“ Untuk mengenjot pendapatan, ada beberapa item pendapatan daerah yang kita targetkan dari perusahaan tambang, yakni pajak kendaraan alat berat dan air permukaan, Nanti akan kita kumpulkan semua perusahan sekaligus menandatangani Momerandum of Understanding (MoU), kata Imam.

Lanjut Imam,  kita targetkan itu dulu, kita belum bicara soal target angkanya, jika kita tertibkan perusahan tambang di Malut. Tentunya meningkatnya pendapatan daerah, tetapi dipungut pendapatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, tuturnya.

Dia menjelaskan sekarang banyak perusahan tambang belum produksi,  ini sangat mengganggu target pendapatan daerah, misalnya PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) berdasarkan perjanjian pendapatannya kita dapat dari hasil produksi. Namun 6 bulan terakhir ini NHM belum berproduksi, sehingga belum ada pendapatan tahun Ini dari NHM, tapi sekarang sudah mulai  jalan nanti kita tunggu hasil produksinya dulu, tandas Imam.

“ Hampir semua perusahaan mengalami masalah yang sama, tapi Pemprov Malut telah menagendakan pertemuan dengan pihak  perusahaan-perusahaan yang dijadwalkan di Jakarta” ujarnya (Oen)
Komentar Anda

Berita Terkini