DPRD Halsel Meminta Camat Jangan Hambat Rekomendasi Kades

/ Kamis, 25 Agustus 2016 / 01.33
HALSEL- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Asnawi Lagalante, meminta kepada camat agar lebih profesional dalam mengeluarkan rekomendasi para kepala desa (kades) terkait dengan laporan pertanggujawaban (LPJ) Dana Desa (DD) tahap I tahun 2016.

Menurut Asnawi, pencairan DD tahap II tahun 2016 oleh pemerintah desa, berdasarkan rekomendasi camat atas penyampaian LPJ tahap I DD tahun 2016 untuk disampaikan ke Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Otonomi Desa (BPM dan Otdes) Kabupaten Halsel, dinilai sangat efektif. Hanya saja, para camat juga harus benar-benar proaktif mengikuti perkembangan kegiatan di desa yang ada diwilayah kecamatan yang dipimpin, sehingga tidak mengganggu proses permintaan rekomendasi dari kades, yang menyampaikan LPJ ke BPM dan Otdes Halsel, untuk melakukan pencairan DD tahap II tahun 2016.

"Kami meminta kepada camat, agar lebih mengedepankan profesionalitas dan tidak ada unsur kesengajaan yang mengambat proses pencairan DD tahap II akibat dari lambatnya rekomendasi," tutur Asnawi.

Asnawi, meminta kepada seluruh camat di Kabupaten Halsel, jika ada masalah dalam pengelolaan DD tahap I di desa-desa yang ada, maka secepatnya disampaikan ke BPM dan Otdes Halsel, untuk dapat dibicarakan bersama, sehingga proses pencairan tidak terganggu hanya karena rekomendasi camat tidak dikeluarkan.

Kata Asnawi, pencairan tahap II DD tahun 2016 tergantung LPJ tahap I diselesaikan, dan disampaikan ke pemerintah pusat sebagai laporan progres tahap I, namun jika ada desa yang tidak dapat menyampaikan LPJ karena tidak mengantongi rekomendasi dari camat, maka dana tranfer dari pusat juga ditunda, dan pencairan tahap II juga akan terancam molor.

"Kami berharap, jika ada masalah di desa, BPM dan Otdes bersama pemerintah kecamatan duduk bersama untuk mencarikan jalan keluarnya, sehingga LPJ tahap pertama tidak berlarut-larut," pinta Asnawi. (ctr)
Komentar Anda

Berita Terkini