Gunung Gamalama Terus Mengeluarkan Abu Vulkanik

/ Kamis, 04 Agustus 2016 / 20.05
TERNATE, Nusantaratimur.com-  Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, terus mengeluarkan semburan abu vulkanik. Kamis (04/08). Semburan abu vulkanik setinggi 260 meter, diatas permukaan laut yang diikuti beberapa kali hembusan gempa tremor dengan skala kecil sampai menengah.

Data yang terekam,  pada alat Seismograf Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Badan Meteorologi (PVMBG), dimana aktifitas gunung api gamalama mulai dari pukul 18:00 Wit  Rabu (03/08)  hingga pukul 06:00 Wit Kamis (04/08), telah menunjukkan aktivitasnya.

“ Tercatat  terjadi 9 kali gempa tektonik dan 8 kali gempa hembusan dan 1 kali gempa vulkanik yang peningkatan aktifitasnya terekam pada pukul 19:00 hingga pukul 22:00 malam tadi,  namun status gunung gamalam masih fluktuatif dan menghimpun energi”, ujar Martanto, Staf Pemantau Gunung Api Wilayah Timur.

Meskipun demikian,  gunung api gamalama saat ini berada pada status waspada level dua  dan terus menunjukka aktivitasnya, tapi tidak mempengaruhi aktifitas warga di kota Ternate. (RM)

 
Komentar Anda

Berita Terkini