Keindahan Destinasi Wisata Pulau Widi Surga Bagi Wisatawan

/ Rabu, 10 Agustus 2016 / 21.44
“ Mungkin anda belum pernah mengunjungi kawasan parawisata di Pulau Widi, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut), sebuah kawasan wisata pantai di kelilingi 103 pulau-pulau kecil, yang dikelilingi hamparan pasir putih, selain itu juga terdapat warna hijau air laut yang dikelilingi pulau-pulau kecil ”.

Berikut Laporan Redaksi Nusantaratimur.com, saat berkunjung ke Pulau Widi beberapa waktu lalu. Rasa penasaran bercampur gembira mulai terlihat diwajah para pengunjung, crew layar lebar Ketika Mas Gagah Pergi, serta para artis pemeran utama film layar lebar Ketika Mas Gagah Pergi, yang melakukan syuting di pulau widi, rasa penasaran  tentang keindahan kawasan pulau widi yang letaknya di ujung selatan Pulau Halmahera itu, sesaat sebelum kami bertolak dari Pelabuhan Laut Babang, Halsel. Menuju Kawasan Wisata Pulau Widi, di Kecamatan Gane Timur Selatan, dengan menggunakan transportasi laut carteran dengan menggunakan kapal KM. Ukiraya 4 yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halsel, dari Pelabuhan Laut Babang menuju kawasan wisata Pulau Widi, pada Kamis (4/8) pukul 3.45 WIT dinihari.

Selama perjalanan rasa penasaranpun semakin terlihat di wajah para pengunjung dan crew serta bintang film Ketika Mas Gagah Pergi, pada pukul 7.30 pagi, pulau-pulau widi mulai terlihat dari kejauhan, dan pada pukul 9.15 pagi, kapal KM. Ukiraya 4, mulai berlabuh di depan pulau widi, karena tempat yang disinggahi pengunjung harus menumpangi speed boad.

Tampak, para pengunjung mulai memanfaatkan berbagai jenis kamera, maupun hendphonenya untuk mengabadikan pulau-pulau kecil nan indah dipandang mata dari atas kapal, ada pula pengunjung yang mulai sibuk mengambil barang-barang bawaannya untuk berpindah dari kapal ke speed boad, menuju ke lokasi yang menjadi tempat inap pengunjung, yang sudah tersedia, adapun terdapat rumah-rumah warga yang sederhana, adapula terdapat beberapa tenda yang di sediakan Pembak Halsel, untuk tempat inap. Namun, sesampainya dilokasi dimana tempat inap para pengunjung, tampaknya para pengunjung tidak lagi memperdulikan tempat-tempat yang akan ditempati, meskipun sangat sederhana.

Karena, bagi pengunjung tempat tidak terlalu menjadi soal saat ini, karena keindahan alam yang disajikan pulau widi, sangat memuaskan dan tidak ada kata-kata lain, hanya menyanjung indahnya pulau-pulau kecil, hamparan pasir putih disepanjang pantai pulau widi, serta keindahan warna hijau pantai yang mengelilingi pulau widi. Setibanya dilokasi yang ditujuh para pengunjung, para crew film tampak mulai menyiapkan peralatan syuting yang dilakukan di pulau widi, sedangkan para pengunjung lainnya disibukan dengan melihat-lihat panorama yang berada disekita lokasi yang ditempati, karena hampir semua tempat terlihat indah. Mulai dari hamparan pasir putih, air yang berwarna hijau, hingga butiran-butiran pulau-pulau kecil yang berada di kawasab pulau widi, bagi para pengunjung yang menikmati wisata pulau widi, jika hanya berada di satu tempat maka tidak lengkap, karna masih banyak tempat yang indah dari jumlah pulau-pulau yang bersebaran di pulau widi.

Selama dua hari, para crew bersama bintang film dan para pengunjung berada di lokasi pulau widi, tampaknya menikmati betul keindahan alam yang ada dipulau widi, kedatangan para crew dan bintang film layar lebar di pulau widi atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Halsel, dengan tujuan untuk mempromosikan wisata pulau widi melalui film layar lebar dengan pemeran utama yang diambil dalam sebuah film tersebut adalah, Bupati Kabupaten Halsel, Bahrain Kasuba, serta Mantan Bupati Kabupaten Halsel, Muhammad Kasuba.
Saat bincang-bincang dengan Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, Ia mengatakan bahwa. Adanya pembuatan film layar lebar yang berlokasi di pulau widi adalah bagian dari cara pemerintah daerah mempromosikan pulau widi ke mata dunia, bahwa wisata pulau widi tidak kala saing dengan wisata yang berada di daerah daerah lain, karna menurut Bahrain Kasuba, pulau widi memiliki semua keindahan alam, baik darat maupun laut, dimana memiliki 103 pulau, hamparan pasir putih yang indah, warna air yang hijau ketika dilihat dari permukaan laut, belum termasuk alam dibawah laut nan indah.

Hanya saja, Pemkab Halsel belum melengkapi fasilitas pendukungnya, seperti pelabuhan, hunian, maupun akses tranportasi yang memudahkan pengunjung ke lokasi wisata, namun bahrain tetap optimis dan tidak ada kata terlambat selama ada kemauan untuk mengembangkan wisata di pulau widi. Apalagi, ada akses yang terdekat menuju pulau widi yang menghubungkan beberapa kabupaten kota termasuk ibu kota provinsi Maluku Utara, melalui jalur darat yaitu di Desa Gane Luar Kecamatan Gane Timur Selatan, diantaranya Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Utara dan Halmahera Barat, yang bisa dijangkau melalui darat, hal tersebut, pemerintah akan membuka akses jalan darat masuk ke Desa Gane Luar, sehingga pengunjung yang mengunjungi melalui jalur darat dapat melalui jalan darat.

Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, tampak serius mengembangkan wisata pulau widi, bahkan dalam waktu dekat Bupati Halsel, kembali menyembangi pulau widi bersama dengan salah satu konsultan perencaan atau salah satu arsitek untuk melihat, untuk membuat desain pembangunan wisata yang akan dikembangkan. Namun, selain dikelola langsung oleh pemerintah, Bupati Halsel, juga memberikan ruang kepada infestor untuk bersama-sama mengembangkan pulau widi.

Komentar Anda

Berita Terkini