Kinerja Dinilai Buruk, Bupati Halsel Diminta Evaluasi Kabag Humas

/ Jumat, 19 Agustus 2016 / 00.14
HALSEL,Nusantaratimur.com- Kinerja Bagian Humas Dan Keprotokoleran Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halsel, Bahrain Kasuba, dan Iswan Hasim, dinilai jauh dari harapan masyarakat.

Pasalnya, Bagian Humas dan Keprotokoleran Setda Halsel yang dipimpin Fahri Nahar, terkesan tertutup bahkan tidak terlihat adanya informasi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halsel, Bahrain Kasuba dan Iswan Hasyim, yang disampaikan melalui media massa yang merupakan penyambung informasi, Bupati dan Wakil Bupati Halsel, untuk diketahui masyarakat Halsel.
Padahal, peran Bagian Humas, sangat penting karna sebagai pembantu Bupati dan Wakil Bupati Halsel, yang menyampaikan informasi ke masyarakat luas, terkait dengan program-program pemerintah daerah. Apalagi, Pemerintah Kabupaten Halsel, dibawah kepemimpinan Bupati Bahrain Kasuba dan Iswan Hasim, yang baru seumur jagung, tentu masyarakat Halsel, ingin mengetahui arah pembangunan Kabupaten Halsel, dalam jangka waktu 5 tahun mendatang, setelah ditinggalkan mantan Bupati Halsel, Muhammad Kasuba.

"Kabag Humas, terkesan tutup informasi ke media massa terkait dengan penyampaian program maupun kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Halsel," tutur Alim Rahman.

selaku Direktur LSM Rembuk Forum Aksi (Reformasi) Halsel. Bahkan Alim, melihat belakangan ini, ada informasi yang muncul di masyarakat Halsel, bahwa ada pemberitaan miring terhadap Bupati dan Wakil Bupati Halsel dibeberapa media massa yang dinilai tendensius, penilaian ini keliru, karna selama ini media massa di Halsel, terlihat membuka diri dan tetap profesional menjalankan tugas-tugas jurnalistik, hanya saja  Bagian Humas dan Keprotokoleran Setda Halsel, dibawah kepemimpinan Fahri Nahar, tidak membuka terhadap sejumlah awak media di Halsel, hal itu terlihat pada saat setiap kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Halsel, tidak terlihat satupun awak media berada dilokasi kegiatan untuk melakukan peliputan.
Hal ini menyebabkan informasi positif terkait dengan pembangunan Halsel yang disampaikan Bupati dan Wakil Bupati Halsel, untuk diketahui masyarakat, tidak dapat tersalurkan melalui media massa, padahal posisi Fahri Nahar, selaku Kabag Humas dan Keprotokoleran Setda Halsel, harus mampu membangun komunikasi dengan berbagai elemen termasuk media massa untuk kelancaran informasi ke masyarakat terkait dengan perkembangan pembangunan dibawah kepemimpinan Bahrain Kasuba dan Iswan Hasim, sehingga tidak menimbulkan kesan buruk terhadap Bupati dan Wakil Bupati Halsel dimata masyarakat, hanya karena bobroknya kinerja Kabag Humas dan Keprotokoleran Setda Halsel, Fahri Nahar.
"Selama ini orang dari luar orang menilai buruk terhadap Bupati dan Wakil Bupati Bahrain Kasuba dan Iswan Hasim, terkair dengan kebijakannya, karena peran Bagian Humas yang semestinya menyampaikan informasi ke publik tidak berjalan," ucap Alim
Hal tersebut, LSM Reformasi Halsel, meminta kepada Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, agar mengevaluasi kinerja Bagian Humas dan Keprotokoleran Setda Halsel, Fahri Nahar, karna dianggap tidak memiliki kemampuan komunikasi, apalagi selaku pembantu Bupati Halsel, yang berada dijantung informasi Kabupaten Halsel, baik dari Bupati dan Wakil Bupati Halsel ke masyarakat, maupun aspirasi dari masyarakat ke Bupati dan Wakil Bupati Halsel. Apalagi, Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, berkeinginan agar media masa juga harus memiliki andil dan berpartisipasi dalam pembangunan Halsel, karena melalui media massa, fungsi kontrol terhadap kinerja SKPD dapat dikontrol sehingga ada evaluasi, namun ada hal yang positif juga akan di tetap dipublikasi agar diketahui masyarakat. Hanya saja, keinginan Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, tidak dipahami oleh Bagian Humas dan Keprotokoleran Setda Halsel.

"Kami menduga, Bagian Humas tidak paham apa yang dibutuhkan Bupati Halsel," tutup Alim

Sementara Ketua Komunitas Jurnalis Halsel (KJH), Irwan Marsaoly, ketika dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut. Bahwa selama ini, tidak ada lagi komunikasi dari Bagian Humas dan Keprotokoleran Setda Halsel, dibawah pimpinan Fahri Nahar, setelah Bupati Bahrain Kasuba dan Wakil Bupati Iswan Hasim, terkait dengan kerja-kerja Bupati dan Wakil Bupati, sehingga media massa tidak dapat mengakses segala bentuk informasi dari Bupati dan Wakil Bupati Halsel, untuk diketahui publik. (ctr)
Komentar Anda

Berita Terkini