Pemkot Ternate, Diamkan Sangketa Tapal Batas Sulamadaha dan Takome

/ Selasa, 16 Agustus 2016 / 06.29

TERNATE,Nusanataratimur.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara, diminta segera menyelesaikan masalah sangketa tapal batas antara Kelurahan Sulamadaha dan Takome. Pasalnya, setelah persoalan tapal batas itu diserahkan ke Pemkot Ternate untuk diselesaikan, namun sampai saat ini belum ada tindaklanjut dari Pemerintah.


Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Muzakir Gamgudu, mendesak kepada Pemkot Ternate untuk segera menindaklanjuti permasalahan tersebut. Pemerintah harus cepat memutuskan batas dua Kelurahan tersebut.
“Ini tinggal Pemerintah memutuskan tapal batas di Kedua Kelurahan,” katanya.


Muzakir menyatakan, pihaknya beberapa waktu lalu, telah menerima surat resmi dari masyarakat Takome mengenai problem mengenai sangketa tapal batas dua kelurahan.
“ Kemarin kita sudah terima surat dari masyarakat Takome, nanti ditindaklanjuti dengan hearing dengan Sekretaris Daerah, Walikota untuk membahas keputusannya, sehingga permasalahan ini tidak berkepanjangan lagi,” tuturnya.


Menurut Muzakir, sebelum Pemerintah memutuskan batas wilayah dua Kelurahan tersebut, selama itu juga pelabuhan Jiko Malamo belum bisa ditata.


“Sekarang ini masih ada sengketa di pelabuhan jiko malamo antara dua Kelurahan, jadi masingn-masing mengkomplen bahwa ini  batasnya di Kelurahan Sulamadaha dan Takome, Kita harus tunggu Pemerintah menetapkan tapal batas dulu, sehingga jelas baru kemudian kita undang masyarakat dua kelurahan yang bersengketa,” jelasnya.


Dia menjelaskan, sebelum itu pihaknya telah mengusulkan ke Pemerintah agar untuk sementara waktu pelabuhan jangan dulu dimanfaatkan.
“ Kami sudah mengusulkan pelabuhan jangan dulu aktivitas apa-apa, sehingga jangan ada komplen, tapi sekarang kita lihat, masyarakat Sulamadaha sudah banyak yang berjualan disitu,” tutur Politisi PPP.


Dia berjanji, usai momentum 17 Agustus, pihaknya akan memanggil Pemerintah untuk mengevaluasi kembali apa-apa saja yang telah dilakukan Pemkot Ternate. (ns)






Komentar Anda

Berita Terkini