Warga Desa Foya Gane Timur, Minta Pemkab Halsel Perbaiki Talud

/ Rabu, 10 Agustus 2016 / 03.58
HALSEL, Nusantaratimur- Talud penahan ombak dengan ukuran panjang 70 meter di Desa Foya Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut), ambruk akibat dihantam banjir  beberapa waktu lalu. Hal tersebut, mengancam rumah warga Desa Foya Kecamatan Gane Timur.

Bustam Fataha, selaku warga Desa Foya Kecamatan Gane Timur, kepada Nusantaratimur.com, Ia mengatakan ambruknya talud penahan ombak akibat dari banjir pada pekan lalu, karena posisi salah satu muara sungai berada di tengah-tengah perkampungan, sehingga pada saat banjir dapat mengancam pemukiman warga, apalagi talud sudah ambruk membuat masyarakat Desa Foya Kecamatan Gane Timur, meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halsel, dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana Alam (BNPB) Daerah Kabupaten Halsel, agar dapat memperhatikan.

" Kami minta agar Pemerintah Daerah, segera mengambil langkah, sebelum memakan korban," kata Bustam.

Selain mengancam pemukiman warga, banjir juga akan mengancam salah satu jembatan beton yang berada lingkungan RT 01 Desa Foya Kecamatan Gane Timur, yang baru dibangun belum lama ini, dengan menggunakan anggaran dari Dana Desa (DD) tahun 2016. Ancaman ini, mengkhawatirkan masyarakat Desa Foya Kecamatan Gane Timur.

"Ada jembatan satu yang baru dibangun, juga terancam," kata  Bustam.
Menurut Bustam, ambruknya talud penahan ombak akibat dari banjir, dan bukan faktor usia pembangunan talud, hal tersebut perbaikan talud yang sudah ambruk sangat mendesak, karena ada ancaman rumah warga ketika terjadi banjir.

"Warga selalu gelisah, kalau tiba pada musim hujan, hal itu pemerintah diharapkan secepatnya melakukan perbaikan," harap Bustam. (SNR)














Komentar Anda

Berita Terkini