|
Menu Close Menu

6 Orang di Desa Tadoy (Bolmong) Meninggal Akibat Penyakit HIV/AIDS

Selasa, 18 Oktober 2016 | 03.02
BOLMONG, NT- Penyakit Human Immuno Virus dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) harus menjadi perhatian serius. Pasalnya, berdasar data temuan media ini, tahun ini di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah ditemukan puluhan penderita penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia itu. Bahkan kurang lebih puluhan di antaranya meninggal dunia.

Adapun yang menjadi perhatian khusus sekarang ini di mana penyakit mematikan ini sudah masuk ke pelosok desa, tepatnya di Desa Tadoy, Kecamatan Bolaang Timur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini melalui keterangan Penanggungjawab Pengelola program P2TB, HIV/AIDS Puskesmas Desa Tadoy. Kecamatan Bolaang Timur Budi A. Paputungan AMD.KEP. menyampaikan bahwa tercatat di Desa Tadoy tahun 2012-2016 ini sudah total 6 orang meninggal akibat penyakit tersebut.

" Ya, berdasarkan data yang di kelola oleh Rumah Sakit DR. Kandow Malalayang Kota Manado bahwa dari tahun 2012 sampai 2016 sebanyak 6 orang warga di Desa Tadoy, Kecamatan Bolaang Timur, Kab. Bolmong Induk telah meninggal akibat penyakit tersebut. Hal ini disebabkan mayoritas warga Desa Tadoy sudah melanglang buana di berbagai daerah sebagai penambang jadi sangat gampang untuk terindikasi atau terjangkit penyakit mematikan tersebut," ujar budi. (17/10)

Sementara itu kasus yang serius ini, terkesan Pemprov Sulut atau instansi terkait seakan acuh dalam menanggapinya.
" Seharusnya pihak Dinas Kesehatan Provinsi turun ke  daerah membantu mensosialisasikan penanggulangan serta pencegahannya, namun sayangnya sampai saat ini tidak ada dari pihak Dinas terkait yang datang," terang Budi.

Penyebab kasus HIV/AIDS di Desa Today hingga meninggalnya 6 orang warga? Menurut Kepala Puskesmas Desa Tadoy Asnagoni Bala SKM mengatakan, mayoritas ODHA terlambat melakukan pemeriksaan. Mereka rata-rata periksa setelah mengetahui ada penyakit bawaan di tubuhnya seperti TBC dan diare.
"Setelah diperiksa darahnya ternyata sudah AIDS," tutupnya (Risto)
Bagikan:

Komentar