|
Menu Close Menu

Ada Pungli? Nusantaratimur.com Siap Membantu Melaporkan Ke Pemerintah

Kamis, 27 Oktober 2016 | Oktober 27, 2016
JAKARTA,NT.COM- Dengan adanya issue nasional untuk menangani pungli dimana maraknya fenomena pungli ini yang serinh terjadi dibeberapa instansi terkait baik ditingkat pusat sampai daerah maka media Nusantaratimur.com di sejumlah daerah siap membantu untuk melaporkan ke pemerintah baik ditingkat Pusat sampai Ke Daerah Daerah di Nusantara ini.

Untuk itu diharapkan ke sejumlah elemen masyarakat seluruh indonesia untuk bisa bekerjasama membantu melaporkan bersama-sama ketika terjadinya pungli apabila dicurigai dan bahakan diketahui di beberapa instansi yang terkait.

Menurut Pemred Nusantaratimur Rahman Mustafa, Tentu saja semua ini bertujuan memperbaiki sistem pemerintahan diseluruh indonesia yang input menghasilkan kinerja lebih baik lagi.

"Program ini bertujuan untuk membantu agar supaya menciptakan pemerintahan yang bersih tentunya yang berada pada instansi instansi terkait baik dari tingkat pusat sampai daerah" Tutur Rahman Pemred Nusantaratimur.com

Terkait hal yang sama sebagaimana dilansir di salah satu media online BMR keputusan Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar sudah ditandatangani Presiden beberapa hari yang lalu ,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, di Kantor Presiden, Jumat (21/10/2016).

Dalam Perpres tersebut, Satgas Saber Pungli bertugas untuk memberantas praktik pungutan liar secara efektif dan efesien. Caranya dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja dan sarana prasarana. Baik yang ada di Kementerian/Lembaga atau pemerintah daerah.

Satgas tersebut memiliki empat fungsi yaitu intelejen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta yustisi. Pasal 4 huruf d dalam Perpres tersebut memungkinkan Satgas itu untuk melaksanakan tangkap tangan.

Penanggungjawab Satgas tersebut adalah Menko Polhukam Wiranto, Ketua Pelaksananya Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno, Wakil Ketua I Irjen Kemendagri, Wakil Ketua II Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Widyo Pramono.

Sedangkan anggota Satgas adalah Polri, Kejaksaan Agung, Kemendagri, Kemenkumham, PPATK, Ombudsman, BIN dan POM TNI.

Dengan adanya Satgas Saber Pungli ini, masyarakat dapat melaporkan langsung melalui Website: http://saberpungli.id, SMS : 1193, Call Center 193, laporan masyarakat disertai dengan identitas pelaku, lokasi kejadian dan instansinya (Identitas Pelapor akan dirahasiakan)  (tim Redaksi)
Bagikan:

Komentar