|
Menu Close Menu

Polres Minsel Gelar Sosialisasi UU Perlindungan Anak dan KDRT

Minggu, 30 Oktober 2016 | 07.23
MINSEL,NT.COM-   Polres Minsel  menggelar Sosialisasi Undang-Undang KDRT dan Undang-Undang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), yang di ikuti oleh perwakilan dari beberapa Desa Kecamatan Sinong Sayang, Kabupaten Minsel.  Kegiatan ini dipusatkan di Aula GPdi EL'ADONAI Desa Ongkaw Satu.

Pasalnya, beberapa tahun terakhir marak terjadi kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kabupaten Minahasa Selatan.

Menurut Kapolres Minsel, AKBP Arya Perdana,  dalam kesempatan itu  sebagai  narasumber pada acara sosialisasi menyatakan  sosialisasi ini di harapkan dapat  meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Undang-Undang KDRT maupun Undang-Undang Perlindungan, Perempuan dan  Anak (PPA), agar kasus-kasus yang terjadi di masyarakat bisa berkurang.

" Banyak hal yang harus ditangani yang terjadi di wilayah Minsel salah satunya  tentang kekerasan terhadap anak dan Kekerasan di dalam rumah tangga, tentunya menjadi perhatian khusus bagi kita sebagi orang tua, bentuk kekerasan terhadap anak bukan hanya berupa kekerasan fisik saja, seperti penganiayaan, pelecehan dan pemerkosaan,. Melainkan juga kekerasan non fisik, seperti kekerasan ekonomi, psikis maupun kekerasan religi," ungkap Arya.

Arya menjelaskan,  pembuat Undang-Undang melalui perundang-undangan (Hukum Positif), seperti Kitab undang-undang Hukum Pidana (KUHP), Undang-Undang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU KDRT), meski tidak di sebutkan secara khusus ruang lingkup kekerasan terhadap anak, namun telah menetapkan beberapa bentuk kekerasan terhadap anak sebagai tindak pidana, yaitu: mencakup kekerasan fisik, psikis, dan seksual.." papar Kapolres Minsel, jelasnya.

Dalam acara sosialisasi tersebut hadir Kasat Reskrim AKP. M Ali Tahir, SH, juga sebagai pemateri,  Kapolsek Sinong Sayang IPTU. Robert Lalo, serta anggota Unit PPA (perlindungan Perempuan dan Anak) Polres Minsel dan para Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan pemuda. (Ham)
Bagikan:

Komentar