|
Menu Close Menu

147 Pasutri di Tidore Ikut Sidang Isbat Nikah

Kamis, 10 November 2016 | November 10, 2016
TIDORE,NT.COM-   Sebanyak  147 pasangan suami istri (Pasutri) mengikuti kegiatan fasilitas isbat nikah dalam penertiban akta pencatatan sipil yang  digelar oleh Pemkot Tidore Kepulauan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bekerja sama dengan kantor Kementrian Agama Soasio dan Pengadilan Agama Soasio.

 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Sekretariat Daerah Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat H. M. Saleh Yasin yang bertempat di kantor  desa maitara utara, Rabu(09/11/2016).

 

Fasilitas Isbat Nikah ditujukan bagi pasangan yang menikah namun pernikahannya belum dicatat oleh  Negara. Untuk memberikan kesempatan pasangan nikah agar bisa tercatata secara resmi di Kementrian Agama.

 

H.M. Saleh Yasin dalam sambutannya menyampaikan agar kedepan Masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang akan menikah tidak lagi dengan cara nikah sirih, akan tetapi nikah secara resmi menurut Agama dan Negara yang dibuktikan dengan kepemilikan Buku atau Akta Nikah.

 

Oleh karena itu, kegiatan Isbat Nikah ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mengesahkan Perkawinan, memperoleh surat nikah dan memperoleh dokumen kependudukan seperti Akta kelahiran, secara khusus untuk membantu masyarakat terutama yang tidak mampu dalam memperoleh hak atas pencatatan nikah dan kelahiran serta mewujudkan tertib administrasi kependudukan, Katanya.

 

Penertiban dokumen tersebut bagi Pemerintah dapat digunakan sebagai input data dalam perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan seperti bidang lainnya, sedangkan bagi masyarakat kepemilikan dokumen Pencatatan Sipil merupakan alat bukti dalam kerangka perlindungan hukum atas hak keperdataan seseoran.

 

Sementara dalam laporan Kepala Dinas Kendudukan dan Pencatatan, Sunaryah Saripan menjelaskan bahwa untuk tahun 2016 dianggarkan dalam APBD sebanyak 700 pasangan terdiri dari 6 kecamatan  yaitu Kecamatan Tidore Utara dan Tidore Utara 200 pasangan, kecamatan tidore dan Tidore Timur 248 pasangan, Kecamatan Oba 104 pasangan serta Tidore Utara dan Tidore Selatan 147 pasangan, ungkapnya.

 

Sementara Prosesi Sidang isbat dipimpin oleh 5 hakim, 5 panitera dan 2 juru sita. Dan kota Tidore Kepulauan mendapatkan rekor muri dalam pelaksanaan Isbat Nikah.

 

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Pengadilan Soasio, kepala kantor Kementrian Agama, Kapolsek Tidore Utara, Kepala Desa Maitara, katanya (Bull)
Bagikan:

Komentar