|
Menu Close Menu

AGK Hadirkan Satu Kapal Ferry Untuk Masyarakat Maluku Utara

Kamis, 10 November 2016 | 08.28
SOFIFI,NT.COM-  Maluku Utara, sebagai provinsi daerah kepulauan, tentunya akses percepatan pembangunan menjadi perhatian serius dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara saat ini.

 

Salah satunya akses transportasi laut dalam rangka melayani masyarakat daerah itu.  Hal itu dilakukan oleh Pemprov Malut, dengan menambahkan satu buah kapal ferry KM Lompa berkapasitas 500 GT yang ditempatkan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dengan tujuan Babang-Saketa.

 

KM Lompa berkapasitas penumpang 188 orang juga mampu memuat kendaraan jenis Truk sebanyak 12 dan 7 mobil sedan  dan  direncanakan kapal tersebut akan tiba di Provinsi Maluku Utara  bulan desember mendatang.

 

Demikian disampaikan Juru Bicara Gubernur Malut, Halid Alkatiri saat mendampingi Gubernur KH. Abdul Ghani Kasuba (AGK) menyaksikan peluncuran kapal dari pihak PT. Daya Radar Utama Lampung kepada Pemerintah provinsi Maluku Utara di Lampung. Rabu (09/11/2016).
Menurut Halid, kapal dengan ukuran panjang 45.50 meter dengan lebar 12 meter dan tinggi 3.20 meter tersebut dikerjakan oleh PT. Daya Rasa Utaam di provinsi Lampung atas kerjasama dengan satker perhubungan Provinsi Malut dan setelah rampung kemudian diluncurkan dan sekaligus diserahkan ke Pemprov Malut.

 

Lanjut Halid, gubernur dalam kesempatan  itu menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan dan pihak PT. ASDP yang telah menghadirkan lagi satu kapal Ferry jenis Roro yang juga merupakan kapal kedua tahun ini.

 

“ Pak gubenur berharap dengan adanya kapal tersebut akan meningkatkan jasa pelayanan dan perekonomian masyarakat Maluku Utara khususnya pada jalur penyeberangan dari Babang- Saketa”, ujar Halid.

 

Gubernur juga menjelaskan Maluku Utara adalah Provinsi kepulauan, dimana transportasi laut sangat dibutuhkan, sehingga Pemprov Malut berharap Pemerintah dapat menambah lagi armada ferry kedepan untuk wilayah yang belum terjangkau.
“ Pemprov Malut mengapresiasi kepada Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan  atas bantuan kapal Ferry KMP Lompa yang dibangun mengunakan dana APBN tahun 2016,” ucapnya.

 

Sementara itu,  Gubernur Malut sangat berterima kasih kepada Dirjen Perhubungan Darat, melalui satuan kerja yang ada di daerah melaksanakan pembuatan kapal sebanyak 7 buah salah satunya adalah KMP Lompa yang diperuntukan kepada provinsi Maluku Utara.

 

“ Kapal ini dibangun oleh Pemerintah Pusat sebagai sebuah perwujudan semangat Nawacita dan cinta dengan tujuan memberikan kemudahan aksesibilitas pembangunan daerah terutama di wilayah terpencil,” ungkap Halid.

 
Gubernur berharap kapal ini akan segera memberikan pelayanan kepada masyarakat,  setelah tiba di Maluku Utara.

 

Hadir dalam acara pernyerahan kapal, yakni Kepala Balai ASDP, Kepala ASDP Ternate, Kabid Perhubungan Darat, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, Burhan Mansur, Sekretaris Dinas Perhubungan Malut, Ismail serta Kabiro Humas dan Protokoler Pemprov Malut, Halid  Alkatiri. (ais)
Bagikan:

Komentar