|
Menu Close Menu

KNPI Halbar Ancam Demo PLN Rayon Jailolo

Sabtu, 05 November 2016 | 10.36
HALBAR,NT.COM-  Pemadaman listrik di Kota Jailolo, Kabupaten Halbar, Maluku Utara. Akibat dari pemadaman tersebut, membuat masyarakat mulai kesal dengan pelanayan PLN.

DPD II KNPI Halmahera Barat (Halbar) mulai geram. Sebab, pemadaman listrik terus terjadi dan tak beraturan.  Bahkan janji dari pihak PLN Rayon Jailolo, untuk mendatangkan mesin baru kenyataan belum membuahkan hasil.

“ Pak Kepala PLN jangan hanya memberikan janji. Padahal pemadam masih saja terjadi,”cibir Ketua OKK KNPI Halbar Udin Bakar kepada nusantaratimur.com, Jumat (4/11).

Menurutnya, harus ada langkah cepat untuk mengantisipasinya. Karena aktifitas warga jadi terhambat. Lebih para lagi waktu pemadaman tidak menentu.

Lanjut Udin, jika itu dibiarkan terus-menerus terjadi, maka Kabupaten Halbar bisa disebut negeri lilin.  Untuk itu, pihaknya menegaskan segera mengantisipasi keadaan ini. Jika tidak KNPI akan melakukan aksi secara besar – besaran di kantor PLN Rayon Jailolo,”kecamnya.

Sebelumnya, Kepala PLN Rayon Jailolo Sukur Jabir, mengatakan, untuk mengatasi masalah pemadaman listrik yang melanda kabupaten Halbar bakal teratasi. Karena akan menerima 2 (dua) unit mesin baru, dengan berkapasitas masing-masin 600 KW, sehingga  totalnya 1200 Mega watt (MW), yang didatangkan di kota bacan, kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

“Jadi untuk mengatasi krisis pada pemadam listrik, maka pihaknya siap menerima mesin baru yang berkapasitas 1200 MW,”ungkapnya.

Apalagi, lanjut Sukur, ‎atas terjadinya pemadaman lampu. Itu disebabkan pada‎ gangguan dalam pemeliharaan 1 unit sewa mesin yang berkapasitas 1200 KW. Sehingga semua daerah dengan beban puncaknya 3500 KW. Sebab, terjadi devisit 1200 KW.

“Dalam pemeliharaan mesinnya. Karena kita pas – pasan dalam daya. Sehingga keluar dari sistem atau off, maka solusinya harus buat pemadaman bergilir,”tandasnya.


Dikatakannya, untuk mengantisipasinya. dalam memberikan pelayanan, dan itu juga pihaknya lakukan suplai dari PLN Sofifi dengan daya hanya 600 KW‎, demi memberikan pelayanan di wilayah kecamatan Jailolo Selatan (Sidangoli dan sekitarnya).

Sukur berharap, ‎dengan penambahan mesin dua unit itu semoga dapat teratasi terhadap pemadaman listrik. Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pemeliharaan secara rutin pada mesin maupun dilakukan pembersihan pada lingkungan.

“ Mudah-mudahan semuanya bisa teratasi, dan kami juga terus membersihkan pada tiang listrik dan kabel yang ada di sekitar badan jalan tersebut,”pungkasnya. (All)
Bagikan:

Komentar