|
Menu Close Menu

Sekda Tikep Jadi Irup HPN

Jumat, 11 November 2016 | 08.18
TIDORE,NT.COM- Peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November di Kota Tidore Kepulauan diperingati dengan upacara bendera. Upacara yang dipusatkan di halaman kantor Walikota Tidore, Kamis (10/11) ini dipimpin Sekretaris Daerah  Thamrin Fabanyo yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

 

Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat, suasana hening selama satu menit yang diwarnai bunyi sirine seakan membawa kembali suasana mencekam saat terjadinya pertempuran di Kota Surabaya 10 November 71 tahun silam. Seluruh peserta upacara larut dalam mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara, Ir. Thamrin Fabanyo.

 

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya yang dibacakan Inspektur Upacara, mengatakan persitiwa pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya merupakan dasar peristiwa ditetapkannya peringatan Hari Pahlawan.

 

Dikatakan bahwa peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan, melainkan politik harapan. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

 

Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat kepahlawanan adalah semangat yang membentuk dan membangun negara. Kata Khofifah.

 

Para petugas upacara di hari Pahlawan 10 November ini masing-masing; Komandan Upacara Ipda A. Mirsa Gassing, Perwira Upacara, Kapten (Inf) Hamid, Pengibar Bendera dari Purna Paskibraka; Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, Assisten Tata Pemerintahan, Ridwan Halil, Korsik dari Madrasah Aliyah Mareku dan bertindak sebagai pembaca doa Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Tidore Muklis Kama.

 

Upacara peringatan Hari Pahlawan ini ditutup dengan acara tabur bunga ditiga titik berbeda yakni di Taman Makam Pahlawan Goto dipimpin Anggota DPRD, Safrudin Rasid, di Makam Sultan Nuku Soasio dipimpin Sekda Ir. Thamrin Fabanyo, sedangkan di Pelabuhan Trikora Goto dipimpin Kapten (Inf) Zaitar. (Bull)
Bagikan:

Komentar