|
Menu Close Menu

Walikota Tikep Blusukan Pantau Persiapan Penanaman Kelapa Genjah

Selasa, 08 November 2016 | 06.23
TIDORE,NT.COM-  Dalam rangka persiapan penanaman Kelapa Genjah di Kecamatan Tidore Utara dan lokasi pencanangan Agrowisata Tidore, Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim didampingi, Hj. Sulama Ali Ibrahim, Minggu (06/11/2016) akhir pekan kemarin, melakukan blusukan ke sejumlah lokasi.

Dalam peninjauan itu, Ali Ibrahim bersama Ketua DPRD, Anas Ali dan Kepala Dinas Pertanian, Imran Yasin mendatangi Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tidore Utara di Kelurahan Ome. Di lokasi itu,  Walikota Tikep melihat langsung persemaian dua ribu buah bibit kelapa genjah yang sebagian sudah mulai bertunas. Bibit Kelapa Genjah ini merupakan kedatangan bibit tahap pertama yang seluruhnya akan ditanam di Kecamatan Tidore Utara.

Dalam kunjungan ini, Kepala Dinas Pertanian, Imran Yasin menjelaskan di Kecamatan Tidore Utara, luas hamparan yang tersedia mencapai 200 hektar yang seluruhnya milik petani setempat. Jadi lokasi penanamannya tersebar di beberapa titik, tidak terkonsentrasi

Investor dari PT Mutiara Fibrio nantinya bekerja sama dengan para petani dengan menggunakan sistem plasma, dimana Kelapa Genjah ditanam di lahan milik petani dan nantinya para petani mengelola kelapa tersebut untuk dijual kepada investor, ungkap Imran Yasin.

Selama penanaman Kelapa Genjah belum mencapai usia produktif, para petani nantinya dibekali bibit jagung untuk ditanam di sela-sela tanaman Kelapa Genjah, sehingga lahan penanaman Kelapa Genjah tetap produktif dan menghasilkan buah jagung. Jelasnya

Sementara itu Ketua DPRD, Anas Ali menyambut baik rencana penanaman Kelapa Genjah, bahkan dirinya menawarkan agar pabrik pengolahan Gula Kelapa dibangun di lokasi miliknya.

" Kalau penanaman Kelapa dan pembangunan Pabrik Gula Kelapa ini bagus untuk peningkataan perekonomian daerah, maka saya siap merelakan lahan milik saya dibangun pabrik gula kelapa, agar prosesnya lebih cepat. Kata Anas Ali

Walikota Capt. H. Ali Ibrahim dalam kunjungan ini mengharapkan para petani memperoleh informasi yang jelas bagaimana kerjasama sistem plasma dan disampaikan melalui sosialisasi.

Ali Ibrahim juga menyambut baik jika lahan seluas 200 hektar ditanami jagung di sela-sela bibit Kelapa Genjah mengingat usia produktif Kelapa Genjah kurang lebih tiga tahun jadi selama tiga tahun lahan tersebut tetap produktif dan dapat membiayai kebutuhan petani.

Di kesempatan ini, Ali Ibrahim juga menyarankan agar Dinas Pertanian membuat kajian tentang penggemukan Sapi di Kecamatan Tidore Utara. Dengan tersedianya tanaman jagung ini, banyak terutama batang dan daun jagung muda sangat baik untuk pakan ternak. Apalagi selama proses penggemukan sapi, batang dan daun jagung muda hanya perlu ditambah konsentrat maka sudah sangat baik sebagai bahan makanan pokok penggemukan sapi. Pungkasnya.

Usai meninjau lokasi BPP, Walikota Capt. H. Ali Ibrahim juga berkesempatan meninjau sejumlah lokasi Agrowisata yang terletak di Kelurahan Fobaharu dan Kelurahan Jaya. Dalam peninjauan ini Ali Ibrahim menerima penjelasan dari Kadis Pertanian mengenai sumber mata air yang sangat melimpah untuk kebutuhan pertanian maupun pengembangan agrowisata yang sumbernya tidak jauh dari lokasi Agrowisata. (Bull)
Bagikan:

Komentar