BADKO HMI Maluku-Malut Siap Mengawal Pilkada Malut 2018

Editor: Admin author photo
M. Risman Tidore

TIDORE- Badan Koordinasi (Badko) HMI Maluku - Maluku Utara akan mengawal pelaksanaan proses demokrasi yang damai  dan kondusif dengan mengarahkan seluruh kader HMI di bawa wilayah koordinasi BADKO HMI Maluku-Malut untuk  mengawal pelaksanaan Pilkada di wilayah masing-masing.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang   Eksternal BADKO HMI Maluku-Malut, M. Risman Tidore menyampaikan, para kader HMI yang tersebar ke semua kabupaten/kota di Maluku Utara, agar mengawal proses Pilkada. Bahkan, kader HMI juga diminta untuk menggunakan hak pilihnya dan mengawal pelaksanaan proses pemungutan suara di TPS masing-masing.

”Kader kami di wilayah Kabupaten/kota ada sekitar 5 ribu orang semuanya kami minta turun mengawal di setiap wilayah kelurahan/Desa masing-masing. Jika ditemukan ada indikasi pelanggaran segera laporkan ke pihak-pihak berwenang.  Sebab tingginya dinamika politik di tengah pelaksanaan kampanye, jika tidak diantisipasi akan menimbulkan konflik horizontal yang dapat mengancam kesatuan dan persatuan masyarakat,” ungkap Risman Tidore didampingi fungsionaris BADKO HMI Maluku-Malut Ulfi Muhlis dan sejumlah fungsionaris Cabang kepada media ini di Sekretariat HMI Cabang Tidore, Kelurahan Tomagoba, Kamis (15/3/2018) kemarin.
Menurut Risman, berdasarkan pengalaman Pilkada Tahun 2013 lalu, setidaknya ada beberapa Wilayah di Maluku Utara yang rawan kecurangan dan berpotensi terjadi konflik.

Risman juga menambahkan, kader HMI juga diinstruksikan untuk tidak menerima politik uang dalam bentuk apa pun menjelang pelaksanaan Pilkada Maluku Utara.

“Memilih berdasarkan iming-iming harta benda atau money politic akan merugikan warga Maluku Utara. Pilihlah berdasarkan hati nurani, insya Allah, kita akan mendapatkan pemimpin yang amanah,” ujar Risman.

Ia meminta Aparat kepolisian, dan penyelenggara pilkada yakni KPU dan Bawaslu, untuk tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon, serta benar-benar bertanggungjawab atas pelaksanaan demokrasi yang jujur, adil, aman, damai dan bermartabat,” tutupnya.(dar)

Share:
Komentar

Berita Terkini