Panwaslu Tidore Warning Kades Terlibat Politik Praktis

/ Selasa, 27 Maret 2018 / 02.58
Bahrudin Tosofu 
TIDORE- Panwaslu Kota Tidore Kepulauan terus memberikan warning kepada sejumlah kepala desa yang ada di kota Tidore kepulauan berkaitan dengan larangan terhadap kepala Desa yang melibatkan diri dalam menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi Maluku Utara tahun 2018.

Anggota Panwaslu Kota Tidore Kepulaun melalui devisi hukum dan penindakan Bahrudin Tosofu mengatakan epala desa sangat penting keberadaannya di tengah-tengah masyarakat.  Hal itu lantaran seorang kades dianggap menjadi panutan bagi masyarakat di desa yang ia pimpin. karena kewenangan dan fungsi kades pun diatur dalam Undang-Undang (UU) Desa Nomor 6 tahun 2014.

“ Larangan bagi para kades di Kota Tidore Kepulauan ini jangan sampai mereka  memanfaatkan jabatan atau kewenangannya guna untuk kepentingan suatu partai politik atau parpol. Sebab dalam Undang-Undang (UU No 6 tahun 2014 -- red) atau pasal yang mengatur yakni pada pasal 29 yang menjelaskan para kades dilarang berpolitik apalagi menjadi pengurus suatu parpol," katanya.

Kata Bahrudin, eksistensi para kades di daerahnya masing-masing menurutnya sangatlah rentan, bahkan rawan potensi digunakan oleh sekelompok atau oknum tertentu untuk kepentingan politik atau pun kepentingan suatu parpol tertentu.

Sehingga menurutnya tugas dan pokok fungsi (tupoksi) dikhawatirkan akan menyimpang dalam pelaksanaannya. "Alasannya karena para kades diketahui selaku pihak yang punya banyak massa sehingga rentan dimanfaatkan untuk kepentingan politik maupun kepentingan suatu parpol tertentu," terangnya.

Ia juga menjelaskan di dalam UU Nomor 6 tahun 2014 pun tegas disebutkan jika para perangkat desa sama halnya dilarang berpolitik bahkan larangan sebagai pengurus parpol tertentu.
“ Saya mengimbau agar Kepala Desa yang ada di Kota Tidore Kepulauan jangan terlibat dalam Politik Praktis, kalaupun ada temuan atau laporan kami akan menindak secara tegas seusai  degan Peraturan perundang undangan yang ada. (dar)

Komentar Anda

Berita Terkini