Pemkot Gelar Festival Hari Jadi Kota Tikep Ke - 910 Tahun 2018

/ Minggu, 01 April 2018 / 00.00
Ritual Adat  
TIDORE- Festival Hari Jadi kota Tidore (HJT) ke- 910 ditahun 2018 di mulai pada hari Jumat (30/3/2018) diawali Prosesi Adat Ake Dango (Air Bambu) dan Malam Penjamuan Masyarakat Pegunungan, yang dilaksanakan di Sonine Gurua (tanah lapang tempat ritual adat) Kelurahan Gurabunga.

Dalam prosesi Adat  tersebut turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) , Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK, Permaisuri Sultan, Bobato Adat, Asisten Sekda, Staf Ahli Walikota serta Pimpinan SKPD.

Prosesi yang merupakan ritual pertemuan Lima Marga untuk mengantarkan air menggunakan Rau yang telah diambil dari puncak gunung untuk dipersatukan dalam Bambu (Dango), kemudian didiamkan semalam di Sonine Gurua sampai besok paginya. Sabtu (31/3/2018)

“Kegiatan ini penting dan patut mendapat dukungan semua pihak. Dukungan tersebut yaitu dengan terus menjaga, merawat dan menghidupkan kembali tradisi leluhur atau kearifan lokal melalui kegiatan ritual adat Ake Dango dan malam perjamuan masyarakat pegunungan, hingga saat ini”.ucap Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim disela-sela upacara pembukaan seraya memberikan Apresiasi.

Dirinya, mengajak kepada seluruh masyarakat, terutama Orang Tidore, untuk menjadikan budaya Tidore sebagai roh dari perilaku kehidupan sehari-hari kita, kapan dan dimanapun kita berada. katanya

Dalam kesempatan yang sama, Sultan Tidore, H. Husain Syah mengatakan, masyarakat Tidore adalah masyarakat yang bijaksana dalam menyikapi perbedaan, menjunjung tinggi toleransi, dan dapat membangun semangat persatuan.

 “Insya Allah jika kita bersatu, kita bekerja sama, dan bergotong royong, maka apa yang menjadi cita-cita bersama akan dapat diselesaikan”.jelasnya

Sementara itu, Yakub Husain selaku ketua panitia HJT ke-910  mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untu menginisiasi dan mengkonsolidasi narasi pemajuan kebudayaan daerah dengan melibatkan masyarakat adat Kesultanan Tidore di Tidore, Wilayah Dekat, Wilayah Jauh, Gamrange, Kepulauan Raja Ampat, Papua Gam Sio dan Ma for Soa Raha, Seram Timur, Kei dan Aru (pulau-pulau Tenggara Jauh).

Selanjutnya, Ake Dango akan diantarkan menuju ke Kadaton Kesultanan Tidore pada keesokan Harinya Dan akan di terima langsun oleh sultan tidore.tutupnya (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini