Wawali Tidore Buka Kegiatan Laboratorium Inovasi Tata kelola Pemerintahan

/ Selasa, 27 Maret 2018 / 02.45
Muhammad Sinen (Wawali Tikep)

TIDORE- Pemerintah Kota Tidore Kepulauan selalu berupaya mengembangkan inovasi keterbukaan pemerintahan sebagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Pasalnya, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah menjadi syarat utama untuk peningkatan partisipasi warga dalam membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Dengan pemberlakuan Tidore sebagai laboratorium inovasi dapat membantu mempercepat peningkatan kepercayaan publik terhadap pemerintah juga memperluas partisipasi warga dalam pemerintahan.

Wakil Walikota Kota Tidore Kepulauan  dalam sambutannya bahwa laboratorium inovasi dalam rangka akselerasi Inovasi Tata kelola pemerintahan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tidore kepulauan. 

“Inovasi pemerintah Kota Tidore Kepulauan sangat penting dilakukan untuk peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, memenuhi nilai kepatutan dan adanya pertanggungjawaban secara terbuka oleh masyarakat”, lanjut Muhammad Sinen.

Wawali juga berharap dengan adanya inovasi di masing-masing perangkat daerah sebagai bagian dari akselerasi kinerja daerah.  Selain itu hasil Laboratorium Inovasi harus dapat diaplikasikan dalam setiap kegiatan Organisasi Perangkat Daerah, tegasnya.

Sementara Deputi Inovasi Administrasi Negara, Lembaga Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo W. Utomo, SH, MA dalam sambutannya mengatakan Laboratorium Inovasi adalah suatu program pendampingan dari LAN kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia yang sudah berjalan sampai tahun ke-4 juga sebagai program prioritas nasional, maka Laboratorium Inovasi termasuk Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2018 yang tertuang di dalam Perpres No.79 Tahun 2017.

“ Di dalam  Perpres No.79 Tahun 2017, diatur tentang program prioritas nasional khusus mengenai Laboratorium Inovasi dan di tahun 2018 ada 11 Kabupaten/Kota yang terpilih termasuk Kota Tidore Kepulauan sebagai daerah yang dibiayai oleh Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Pemerintah Pusat,” tuturnya.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 74 orang terdiri dari Dinas, Badan, Bagian dan Kecamatan Se- Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yang di mulai pada tanggal 26 Maret sampai dengan 28 Maret 2018. 

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan Cenderamata dari Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dan Deputi Inovasi Administrasi Negara serta Penandatanganan Komitmen Berinovasi oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Deputi Inovasi Administrasi Negara, Kepala Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur, Kepala Perangkat Daerah dan Para Peserta kegiatan.(dar)
Komentar Anda

Berita Terkini