Arief Yahya : Sinergikan Garuda Indonesia Online Travel Fair 2018 dengan Program Hot Deals

/ Sabtu, 28 April 2018 / 15.06
Sumber foto : Humas Kemenpar
JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik gelaran even Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) 2018,  bertema more for Less, you get more you pay less, yang akan dilaksanakan pada 3-9 Mei 2018. Merupakan wujud sinergi nyata antara pemerintah dan industri dalam memanfaatkan teknologi digital, untuk mensukseskan target 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 270 juta perjalanan wisatawan nusantara tahun 2018.

Kemajuan pengembangan pariwisata Indonesia tidak lepas dari sinergitas unsur Pentahelix yaitu Pemerintah; Bisnis/Industri; Akademisi; Komunitas dan Media. Menpar memandang perlunya menggabungkan program Hot Deals 2018 yang baru diluncurkan dengan event GOTF 2018.

"Trend di era sekarang adalah lebih mudah dan lebih murah, the more digital, the more global, Itu kenapa Garuda Online Travel Fair 2018 disukai masyarakat dalam merencanakan perjalanan liburan. Selain itu, karena digital lebih mudah dan murah, maka benefit-nya lebih besar," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury saat jumpa pers GOTF 2018 di Lucy in The Sky - SCBD, Jakarta, Kamis (26/4). di Kutip laman Kemenpar RI.

Diskon besar yang ditawarkan Garuda untuk tiket airlines, menjadi salah satu kontribusi suksesnya program hot deals. Paket Hot Deals ini mensinergikan high season dengan low season. Hot Deals diterapkan dengan konsep sharing economy yaitu menjual barang atau jasa yang minim peminat atau excess capacity  dengan memberikan diskon yang besar, termasuk untuk tiket ferry dan airlines, sehingga mendorong wisman berkunjung atau bila semula calon wisman tidak ada rencana, menjadi segera melakukan traveller.

“Supply men-drive demand. Wisman akan tertarik jika dapat penawaran hot deals hingga 40%. Hot Deals sangat membantu meningkatkan peluang pasar saat low season“, ujar Menpar.

Sejak GOTF dilaksanakan pertama kali pada 2016, ternilai sukses. Kesuksesan event GOTF terlihat dari salesnya yang meningkat tiap tahunnya. Sales GOTF 2016 (1 kali) mencapai Rp. 106 Miliar, tahun 2017 (3 kali) mencapai Rp. 524 Miliar, atau meningkat 5 kali. Sedangkan target 2018 (2 kali) sebesar Rp. 360 Miliar, 2 juta pengunjung web, dan 50.000 downloader baru.

"GOTF diharapkan dapat mendukung ekosistem pariwisata serta meningkatkan kegiatan ekonomi pariwisata," kata Dirut Garuda Indonesia Pahala N Mansury.

GOTF dapat diakses oleh seluruh pengguna jasa di seluruh destinasi internasional. Diskon tiket perjalanan hingga 75% untuk menjelajahi berbagai rute domestik dan internasional ditawarkan melalui microsite www.garuda-indonesia.com/gotf atau website www.garuda-indonesia.com, serta mobile app garuda dengan kode promo GOTF.

GOTF 2018 akan dijajaki dalam dua fase. Pada fase I ada 5 destinasi pariwisata unggulan yang disiapkan yaitu Balikpapan, Denpasar, Labuan Bajo, Wangi-wangi, dan Palembang.

Menggandeng BNI sebagai bank partner, pada GOTF 2018 fase I, Garuda Indonesia dan BNI menawarkan tambahan diskon mulai dari Rp.300.000 hingga Rp.10.000.000 kepada pengguna Kartu Kredit BNI.

Untuk menyukseskan event ini, Garuda Indonesia juga menggandeng beberapa mitra usaha, yaitu pihak Hotel antara lain:  Swiss-Belhotel International, Agoda, Parador Group Hotel, Shangri-La Hotel Singapore, bidang Paket Perjalanan antara lain Garuda Indonesia Holiday dan KKDAY, serta mitra usaha  perlengkapan liburan, antara lain e-Commerce: Garuda Shop,  Blibli.com; Lazada, Shopee, VIP Plaza, Zalora. (Tim)
Komentar Anda

Berita Terkini