Bagian Hukum Dan HAM Pemkot Tikep Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu

/ Kamis, 19 April 2018 / 21.22
Kegiatan penyuluhan hukum di Kota Tidore Kepulauan, Kamis (19/4)
 TIDORE- Bagian Hukum dan Ham Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum Terpadu Tahun 2018 di Kecamatan Tidore, bertempat di Aula SMKN 1 Tidore yang dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore Kepulauan yang diwakili  Asisten Sekda Bidang Tata Pemerintaha Umi Abdul Rasyid. pada kamis (19/4/2018) pagi tadi.

Umi Abdul Rasyid dalam sambutannya mengatakan penyuluhan ini diharapkan melibatkan aparatur yang berkompeten di bidangnya masing- masing agar dapat menjawab persoalan-persoalan hukum di masyarakat.

Kedepan, Kata Umi, kegiatan penyuluhan hukum terpadu harus dilakukan dalam rangka pembinaan hukum sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang, melalui program Bagian Hukum dan Ham serta berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam rangka membangun kesdaran hukum bagi masyarakat sehingga terciptanya tertib hukum dan taat asas dalam kehidupan bermasyarakat, ungkapnya.

Umi Rasyid menuturkan, sesuai dengan keputusan Walikota tentang Pembentukan Desa/Kelurahan Binaan Sadar Hukum dan akan ditindaklanjuti dengan Pembentukan Kelompok sadar hukum pada Kelurahandan Desa untuk itu diharapkan kepada Kepala Kelurahan dan Kepala Desa untuk mendukung program ini.

Karenanya, Pemerintah Daerah berkomitmen untuk senantiasa secara terus menerus meningkatkan pelayanan, kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan sekaligus berupaya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik masyarakt maupun aparatur pemerintah, yaitu salah satunyta adalah dengan dilakukan langkah-langkah secara terarah,terukur, terkoordinasi serta terpadu dan berkelanjutan. Sehingga dapat mewujudkan penegakan hukum, kesadaran humum dan ketaatan hukum bagi Aparatur Sipil Negara, jelasnya.

Ditambahkan, Kepala Bagian Hukum dan Ham  Ridwan Muhammad mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang perlunya penerapan dan penegakan supremasi hukum demi tertinya kehidupan bermasyarakat dam mewujukan Aparatur Pemerintah tertib dan taat hukum.

“ Peserta kegiatan ini berjumlah 50 orang terdiri dari Kepala Kelurahan se Kota Tidore Kepulauan dan dari Desa//Kelurahan Sadar Hukum Kota Tidore Kelurahan,” tutur Ridwan.
Sementara pemateri Penyuluhan diantaranya, Kakanwil Hukum dan Ham provinsi Maluku Utara, Kuasa Hukum KPU Provinsi Maluku Utara, Dekan Fakultas Hukum Universitas Khairun Ternate dan Dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini