Bulan Mei, Bea Cukai Pastikan KEK Morotai Beroperasi

/ Rabu, 11 April 2018 / 18.13
Musaafak (Kepala Kantor Pabean Bea dan Cukai Ternate)
TERNATE - Kepala Kantor Pabean Bea dan Cukai Ternate, Musafak menyatakan pengawasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  Morotai dipastikan bakal melakukan operasi secara serentak di bulan Mei mendatang sesui dengan deadline  waktu yang telah ditetapkan. 

Kondisi KEK Morotai saat ini dalam tahapan koordinasi antara bea cukai  dengan PT Jababeka yang mendapat mandat untuk mengelola KEK Morotai.

"Hingga saat ini masih progres, namun yang menjadi prioritas utama yaitu perikanan budidaya, tangkap dan sektor pariwisata  itu yang akan dorong,”  ungkap Musafak kepada wartawan media ini, Rabu (11/4).

Ia menyebutkan, dalam KEK tersebut banyak merambat dalam dunia usaha diantaranya, ada yang berusaha di bidang penggalangan kapal, dan akan ada imbasnya ke usaha yang lain.

Semantara itu,  Bea Cukai masih melakukan pantauan, perkembangan atas pembangunan KEK yang masih berjalan. " Kita berharap agar di Bulan Mei mendatang semua sektor pengoperasian diusahakan berjalan," tuturnya.

Ada pun kendala secara umum yaitu pengadaan tanah, dan kepastian investor yang masuk. " Namun kita dari bea dan cukai sangat siap jika ada impor maupun ekspor, kami siap melakukan," tuturnya.
Karenanya, KEK Morotai secara keseluruhan bakal menggunakan sumber daya lokal, artinya fasilitas akomodasi tidak ada impor dari luar seperti, kapal, mobil, truk dan lainnya pengambilannya hanya dari Manado, atau Surabaya artinya tidak ada barang impor.

Semantara untuk masyarak setempat tidak berpengaruh karena tidak menghalangi,  sehingga tidak ada masalah untuk masyarakat setempat. "Masyarakat sangat antusias menyambut KEK sehingga tidak ada masalah untuk masyarakat setempat," tandas Musafak.

KEK Morotai Pemerintah Daerah sangat mendukung dengan adanya KEK di Moratai, karenanya Bea dan Cukai merupakan salah satu yang diincar membuat Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerinatah Provinsi, Pemerintah Daerah, Badan Pertahanan Nasional dan PT Jababeka.

" Semanta pengelolaan KEK bakal dilaksanakan pada Mei mendatang dan semuanya akan dioperasikan pada saat ini," ujarnya.

Ia berharap,  pelaksanaan fungsi KEK pada Bulan Mei nanti harus ontime (tepat waktu), karena secara serentak di bulan Mei semua akan jalan, Bea dan Cukai sudah pesiapankan perusahaan, yang siap melakukan kegiatan ekspor dan impor di Morotai, karena semua fisik bangunan sudah siap, katanya. (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini