Data Terhapus, Alumni STAIN Angkatan 2009-2014 Diberikan Waktu Sampai 9 April 2018

/ Jumat, 06 April 2018 / 02.41
Taher Sapsuha (Warek I IAN Ternate)

TERNATE –  Data mahasiswa  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) angkatan 2009 sampai 2014 akan dihapus. Hal itu berdasarkan anjuran  Kemendikti  untuk pendataan mahasiswa yang masih status STAIN ke IAIN Ternate.

“ Jadi ini pendataan terakhir bagi mahasiswa angkatan 2009-2014, agar mengecek kembali datanya di Siakad selambat-lambatnya tanggal 9 April 2018,” ungkap  Wakil Rektor I  Taher Sapsuha kepada wartawan di Ternate. Kamis (5/4).

Karenanya,  Kata Taher, pendataan ini merupakan yang terakhir sebelum akun forlab STAIN ditutup dan pindah ke akun IAIN Ternate. Ketika akun STAIN sudah ditutup, maka semua data mahasiswa yang ada di akun tersebut sudah bersifat final dan tidak bisa lagi diubah, tandasnya.

Lanjutnya,  sebelumnya sudah dua kali lakukan di tahun 2014 awal kita sudah pernah, kemudian yang lalu di 2017 juga sudah melakukan ini, namun kendalanya itu adalah alumni-alumni IAIN yang sudah tersebar.

“ Kami juga telah menginformasikan ke media cetak, RRI, social media lainnya, jangan sampaikita diwarning oleh Kemendikti dalam batas waktu tanggal 10 April 2018. Jadi kita tidak tahu setelah itu kita melakukan kebijakan seperti apa, sementara kita juga menyesuaikan dengan tanggal edaran sampai tanggal 10 April 2018,” tukasnya.

Jika sampai tidak teregistrasi, kata Taher, itu artinya yang bersangkutan jelas tidak ada datanya di forlap Dikti, dan dianggap ijazahnya illegal. Karena setiap alumni dan per-angkatan mulai 2016 mengambil ijazah itu harus sudah melengkap datanya supaya kemudian tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan, ungkapnya.

Apa kendala pendataan angkatan, Menurutnya, pihak IAIN Ternate Fakultas, jurusan dan prodi mendapatkan kesulitan soal pendataan karena disertai dengan Nomor Induk kependudukan (NIK), karena di forlap juga dimintai nomor NIK juga nama Ibu kandung. 

“ Untuk itu dihimbau kepada teman-teman alumni 2009-2014 agar bisa melakukan hal seperti kita sampaikan sebelum akun pendataan ditutup. Alhamdulillah hari ini sudah sekitar 70% yang sudah masuk,” ungkapnya. 

Ketua Pusat Teknologi Informasi dan Data, Rosita menyampaikan hal yang sama. Ia juga menghimbau kepada mahasiswa untuk angkatan 2009 yang selesainya di tahun 2012 sampai dengan tahun 2017 kemarin. Agar mekroscek kembali data-datanya di kampus IAIN Ternate. Atau bisa melihat situs Akademik Kemahasiswaan IAIN Ternate. Untuk mengecek kembali datanya di siakad disitu juga ada nomor kontak yang bisa dikomunikasi, jelasnya. Kamis (5/4/2018).

Rosita menambahkan, ini juga penting terkait legalitas ijazasahnya, namun bukan berarti alumni ini tidak terdaftar. Artinya kita akan migrasi data, jadi jangan sampai tidak terkafer datanya dan kemudian teman-teman mahasiswa yang kroscek datanya agar datang membawa KTP, Ijazah, dan transkip Nilai. “ Kami juga sudah menyiapkan formulir untuk pendataannya,” kata Rosita (Cul)
Komentar Anda

Berita Terkini