GOW Kota Tikep Gelar Peringatan Hari Kartini Ke 139 Tahun 2018

/ Selasa, 24 April 2018 / 06.16

Peringatan Hari Kartini

TIDORE- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tidore Kepulauan menggelar peringatan Hari Kartini Ke 139 Tahun 2018. Kegiatan itu dipusatkan di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan. Sinen (23/4/2018).

Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan. “ Saya menyampaikan selamat hari Kartini ke 139 Tahun 2018. Semoga pada tahun 2018 ini, muncul lagi kartini-kartini muda yang berprestasi dan berdedikasi tinggi pada tugas dan tanggungjawabnya memajukan daerah yang kita cintai ini,” ungkap Muhammad Sinen.

Olehnya itu, kaum perempuan masa kini tak lagi identik dengan sektor domestic, yang artinya hanya berperan sebagai istri dan seorang ibu dirumah, tetapi telah berperan di sektor publik dengan memiliki profesi diberbagai bidang yang dapat menunjang perekonomian keluarga.

“ Perjuangan Raden Ajeng Kartini, telah membawa dampak yang sangat luar biasa. Saat ini melihat kaum perempuan berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang tabu lagi, bahkan tidak sedikit kaum perempuan yang mampu menduduki pucuk kepemimpinan di tengah-tengah masyarakat, bangsa dan Negara,” tuturnya.

Kata Wawali, kita semua tentu berharap, peringatan hari Kartini tahun ini menjadi momen kebangkitan kaum perempuan, untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan demi  terwujudnya kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota Jasa Berbasis Agromarine, ujarnya.

Kesempatan itu  pula Wakil Ketua Dewan Penasehat Gabungan Organisasi Wanita Kota Tidore Kepulauan, Hj. Rahmawati Muhammad Sinen menyampaikan peringatan Hari Kartini ditujukan untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan  untuk lebih meningkatkan aspirasi masyarakat terhadap keluhuran kodrat, harkat dan martabat serta kedudukan dan peranan kaum perempuan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kualitas baik secara pribadi maupun organisasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, ujarnya.

Sementara Ketua Gabungan Organisasi Wanita se- Kota Tidore Kepulauan Hj.Elvri Habib menyampaikan, Raden Ajeng Kartini adalah simbol gerakan emansipasi atau persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, sebagai perempuan patut berbangga karena saat ini memiliki tokok perempuan yang muncul dan layak menjadi inspirasi.

Elvri berharap perempuan dapat tampil lebih ekspresif dan cerdas untuk berbicara mengenai kepentingan masyarakat serta turut berlomba dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dengan semangat patriotisme “Ibu Kita Kartini”.

Sementara Ketua Panitia Diana Wahyu  mengatakan maksud dan tujuan memperingati hari Kartini adalah sebagai bahan renungan bagi kita untuk mengenang jasa pahlawan wanita, agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Diana menjelaskan, pada rangkaian Hari Kartini ini GOW Kota Tidore melakukan kegiatan, yaitu Anjangsana di kediaman Almarhumah Hj. Sumitri yang  di isi dengan Tauziah pada tanggal 18 April 2018, Melaksanakan seminar sehari bekerjasama dengan KPU Kota Tidore kepulauan dengan tema Pemilih Perempuan Cerdas Pilkada 2018 Berkualitas pada tanggal 19 April 2018, Senam diabetes pada tanggal 22 April 2018 dan Lomba cipta kue dari bahan dasar sagu diikuti oleh semua organisasi wanita yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2018.

Sesuai Surat Keputusan Dewan Juri Lomba Nomor 10/Pan.HK/GOW-KTK/IV/2018 tentang penetapan hasil lomba cipta kue berbahan dasar sagu, pemenang lomba adalah : Juara I Muslimat NU, Juara II DWP Kota Tidore, Juara III HWK, Juara harapan 1 Persit KCK, Juara Harapan II BKMT, Juara Harapan III Dharmayulti Karini, Juara favorit Pipas Rutan.

Turut hadir, Sekretaris Daerah M. Thamrin Fabanyo, MTP, Asisten Sekda bidang Administrasi, Dra Kartini Elake, M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan SKPD, Ketua Dharma Wanita Kota Tidore kepulauan, Hj.Salma Thamrin, Ketua dan Pengurus Organisasi Wanita se Kota Tidore Kepulauan.(dar)
Komentar Anda

Berita Terkini