Hendri Badar : Kasus Hasbi Yusuf Soal Ujaran Kebencian Terhadap Institusi Polri

/ Kamis, 26 April 2018 / 21.00
Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendri Badar
TERNATE – Kepala Bidang Humas Polda Maluku Utara AKBP Hendri Badar menilai kasus hukum yang menimpah Hasby Yusuf (HY) tidak ada kaitannya dengan bagi-bagi sembako yang dilakukan presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo seperti yang beredar di media sosial twitter,facebook dan instagram.

Karenanya, Kata Hendri, kasus yang kini di tangani cyber crime Ditreskrimsus Polda Malut itu merupakan dugaan ujaran kebencian pada institusi polri bukan bagi-bagi sembako.

“Ini jelas-jelas ujaran kebencian ke institusi Polri dan informasi itu yang saat ini beredar itu tidak kita tangani,” ujarnya, Kamis (25/4/2018).

Hendri juga mengimbau kepada semua lapisan masyarakat terutama organisasi mahasiswa yang ada di Maluku Utara untuk tidak terpengaruh dengan adanya informasi yang belum tentu ada kebenarannya, sebab dalam menangani salah satu perkara, penyidik Polda Malut tetap bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan.

“Kita tetap profesional dan hasilnya nanti akan diputuskan pengadilan nanti,” ujarnya.

Lanjutnya, penyidik dalam waktu yang tidak begitu lama akan melakukan penyerahan tahap I berkas perkara kasus HY Kejaksaan Tinggi Maluku Utara untuk teliti terkait dengan dugaan ujaran kebencian yang dilakukan HY.

“Berkasnya dalam waktu dekat sudah dilimpahkan ke kejaksaan untuk diteliti,” tukas Hendri.

Hendri menyatakan, bila berkas yang dilimpahkan ke jaksa itu masih memiliki kekurangan akan dikembalikan. Itu sebabnya pihaknya melalui tim cyber crime akan melengkapi petunjuk tersebut, agar supaya perkara tersebut langsung dilimpahkan tahap dua berupa tersangka dan barang bukti ke jaksa.

“Kalau masih kurang akan kita lengkapi, tapi kalau memang sudah dinyatakan lengkap, maka langsung kita limpahkan tahap dua ke jaksa,” tutupnya. (YSM)
Komentar Anda

Berita Terkini