Inilah Jumlah Rumah Yang Hangus, Pasca Kebakaran Hebat di Ternate

/ Jumat, 20 April 2018 / 00.11
Nahrul Zakry (Lurah Makassar Timur)
TERNATE - Inilah Jumlah rumah yang hangus terbakar di  lingkungan Lelong RT 04/RT 03, Kelurahan Makassar Timur, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara. Akibat kebakaran hebat pada Kamis malam (19/4) lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pemerintah Kelurahan setempat bahwa jumlah rumah warga yang terbakar dalam musibah ini mendekati 100 rumah.

Pasca musibah itu, pihak Pemerintah Kota Ternate belum memberikan penjelasan secara detail penyebab kebakaran, namun dugaan sementara sumber api yang membakar puluhan rumah warga berasal dari kosleting listrik atau arus pendek.

Meskipun demikian, asal muasal sumber api yang menghangus rumah pemukiman kumuh itu masih menyisakan pertanyaan di benak masyarakat Kota Ternate?.

Lurah Makassar Timur, Nahrul Zakry menyatakan kebakaran semalam menurut informasi dari masyarakat setempat berawal dari rumah milik Hi Muin warga RT 04 lingkungan Lelong, tutur Nahrul saat ditemui di kantornya. Pada Kamis (19/4).

Nahrul menyebutkan, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah kepala keluarga (KK) yang mengalami kerugian materil akibat musibah itu.

“ Untuk jumlah KK belum dapat pastikan, sementara masih proses pendataan termasuk kerugian materilnya juga belum dapat di pastikan, semua itu masih dalam pendataan,” tandasnya.

Sambung Nahrul, untuk jumlah rumah yang terbakar semuanya 47 rumah, kos-kosan 29 rumah itu berada di lingkungan RT 03 dan 17 rumah lainnya berada di lingkungan RT 04,” bebernya.

Lanjutnya, bagi warga yang rumahnya terbakar saat ini masih di koordinasi ke BPBD Pemkot Kota Ternate, karenanya musibah ini berdampak jangka panjang kemungkinan 1 hingga 2 bulan, sehingga ini perlu dikoordinasikan untuk membuat posko atau tenda-tenda pengungsian.

“ Dampaknya 1 hingga 2 bulan sehingga ini akan koordinasi kembali nanti sambil menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah Kota Ternate," ujarnya.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun ada sebagian warga masyarakat mengalami luka ringan akibat terkena pecahan kaca dan menginjak paku di lokasi kebakaran, tambahnya. (RN)
Komentar Anda

Berita Terkini