Jelang Peringatan Hardiknas Tahun Ini, Pemkot Tidore Gelar Berbagai Kegiatan

/ Minggu, 29 April 2018 / 20.18
Walikota Tidore  Ali Ibrahim saat melepaskan senam santai, Minggu (29/4)
TIDORE - Menjelang Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei 2018 mendatang. Dinas Pendidikan Nasional dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Tidore Kepulauan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan yang diawali dengan jalan sehat yang dipimpin Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim, Minggu (29/4).

Jalan sehat yang mengambil start di halaman Kantor Walikota Tidore Kepulauan dan finish di Pantai Tuguluga tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah (Sekda)  Kota Tidore Kepulauan Thamrin Fabanyo, Ketua TP. PKK Hj. Sulama Ali Ibrahim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Hj. Salma Thamrin, Pimpinan OPD, Para Kepala Sekolah, Karyawan Karyawati di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan juga para Guru serta Siswa-siswi dari beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Tidore.

Selain Jalan sehat, pada kesempatan itu juga, Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim melakukan Pencanangan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku Tingkat Kota Tidore Kepulauan yang dipusatkan di Pantai Tugulufa.

“ Peran kita sebagai orang tua dituntut untuk terus mendampingi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa, agar menjadi generasi yang cerdas dan berkualitas,”  ungkap Walikota Tidore Ali Ibrahim dalam sambutannya.

Ali menuturkan, melalui Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku diharapkan dapat terwujud pembiasaan baik di lingkungan keluarga yang akan mendorong tumbuhnya minat baca anak sejak dini. Selain itu, kebiasaan ini dapat mempererat hubungan emosional antara anak dengan orang tuanya.

“ Melalui kesempatan ini, saya mengajak para orang tua untuk lebih banyak meluangkan waktu bersama putra-putrinya, salah satunya dengan membacakan buku,” ujarnya.

“Gerakan nasional orang tua membacakan buku sangat penting, guna menghindari keterbergantungan anak pada teknologi seperti laptop, smartphone, sehingga mereka semakin jarang bermain dan bersosialisai dengan teman-teman sebaya termasuk dengan orangtuanya, Untuk itu, perlu ada pengawasan yang bijak terhadap anak dan meluangkan waktu lebih banyak dengan anak sehingga pertumbuhannya dapat optimal baik secara fisik maupun psikis” kata Ali Ibrahim.

Di tempat yang sama juga diselenggarakan berbagai kegiatan Lomba Kreatifitas Siswa PAUD / TK yang dibuka secara resmi oleh Bunda PAUD Kota Tidore Kepulauan yang juga Ketua TP. PKK Kota Tidore Kepulauan Hj. Sulama Ali Ibrahim.

Pembentukan karakter bangsa dan kualitas sumberdaya manusia ditentukan oleh bagaimana pemberian perlakuan yang tepat kepada anak-anak sedini mungkin. Selain itu, usia dari kelahiran hingga enam tahun merupakan usia kritis bagi perkembangan anak, stimulasi yang diberikan pada usia ini akan memperngaruhi laju pertumbuhan dan perkembangan anak, tutur Hj. Sulama Ali Ibrahim dalam sambutannya.

Isteri Walikota Tidore ini, juga mengajak kepada  selurus peserta agar menjadikan kegiatan lomba ini untuk menyiapkan kemampuan anak melalui sikap nilai-nilai pengetahuan dan kecakapan dasar untuk menjadi generasi bangsa yang handal dalam menggapai masa depan yang gemilang, karena dengan melalui kegiatan ini segala kreatifitasnya akan terasah, tandasnya.

Sementara  Kadikbud Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo menyatakan, tujuan diselenggarakannya lomba kreatifitas siswa PAUD/ TK ini untuk meningkatkan kreatifitas, inovasi, prestasi serta memberikan pengalaman belajar yang baik bagi anak anak sebagai manifestasi dari keunggulan daya saing setiap taman kanak kanak yang ada di Kota Tidore Kepulauan.


“ Peserta yang mengikuti lomba sebanyak 85 orang yang terbagi dalam tiga mata lomba yaitu lomba Tausiah sebanyak  18 orang, Lomba menghafal Asmaul Husnah 34 orang dan Loma Mewarnai sebanyak 33 orang,” ujar Ismail dalam laporanya.(dar)

Komentar Anda

Berita Terkini