Jubir AGK-YA Minta KPU dan Bawaslu Malut Cermat Mengawasi DPT

/ Jumat, 20 April 2018 / 02.43
Dino Umahuk (Jubir paslon AGK-YA)
TERNATE -  Juru bicara pasangan calon nomor urut 3  AGK-YA Dino Umahuk menyatakan salah satu tahapan krusial dalam pilkada 2019 adalah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Karenanya Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu Maluku Utara diminta untuk benar-benar cermat dan taat pada aturan yang berlaku.

"Kami menghimbau KPU Provinsi dan Bawaslu Maluku Utara agar cermat dan berdiri di atas aturan perundangan dan ketentuan yang berlaku, karena bisa saja penyelenggara di level kabupaten/kota melakukan praktek pengelembungan suara dengan kandidat tertentu", tutur Dino Umahuk kepada media ini. Jumat (20/4).

Pasalnya, penetapan DPT merupakan tahapan yang sangat krusial, karena bisa jadi, pasangan calon tertentu main mata dengan penyelenggara di kabupaten/kota untuk memasukkan nama-nama pemilih siluman guna mendongkrak perolehan suara, ungkap Dino.

Menurut Dino, persoalan DPT dalam pilkada Maluku Utara sangat krusial. Sebagai mata rantai, jika tahapan ini tidak dikelola dengan baik, bisa menimbulkan efek berantai terhadap elemen pilkada lain, termasuk partisipasi pemilih, dan pada ujungnya akan berakibat pada kecurangan dan pencurian suara yang menodai asas pilkada, yakni jujur dan adil.

“Ini titik krusial, titik yang harus dicermati sungguh-sungguh,” ujarnya.

KPU provinsi dan Bawaslu Maluku Utara kata Dino, harus bisa menyelesaikan permasalahan DPT hingga tuntas. Karena, ia mengatakan, kesalahan data akan menjadi pintu masuk terjadinya perselisihan dalam proses dan hasil pilkada.

"Sekali lagi saya ingin katakan, bahwa Daftar Pemilih Tetap, merupakan tahapan yang paling krusial dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) termasuk pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur (pilgub) Maluku Utara 2018, oleh sebab itu, kami menghimbau KPU provinsi dan Bawaslu Maluku Utara agar benar-benar fokus pada tahapan ini," katanya. (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini