Koordinasi Pelaksanaan Sail Tidore 2021, Kemenlu RI Berkunjungi ke Kota Tidore

/ Jumat, 27 April 2018 / 16.20
Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu RI, Muhammad Ansar bersama Walikota Tidore Ali Ibrahim dan Sultan Tidore Husain Sjah serta Juriani Nurhayati, Kasubbag Organisasi dan Tata Laksana

TIDORE - Direktur Jenderal (Dirjen) Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Muhammad Ansar beserta rombongan menggelar kunjungan ke Kota Tidore Kepulauan dalam rangka koordinasi terkait persiapan Sail Tidore pada tahun 2021 nanti. dalam kunjungan tersebut di terima langsung oleh Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim yang bertempat di ruang Rapat Walikota, Jumat, (27/4).

Disela-sela pertemuan ini, Walikota Tidore Kepulauan memaparkan rencana dan program Sail Tidore 2021. Ali Ibrahim menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah menyiapkan berbagai program kegiatan dalam rangka menyambut Sail Tidore 2021.

Diantaranya, untuk tahun 2018 Pemerintah Daerah Tidore akan gencar melakukan sosialisasi terkait Sail Tidore akan melakukan promosi dan presentasi di Kementerian Koordinator Bidang Maritim RI dan Kementerian terkait lainnya tentang rencana usulan kegiatan dan penunjang infrastruktur Sail Tidore, dan tahun 2019 Pemerintah akan melaksanakan event daerah dan juga promosi Sail Tidore serta tahun 2020 akan digelar festifal Tidore serta finalisasi infrastruktur pendukung utama dan penunjang.

Dalam pemaparan tersebut Walikota berharap dukungan dari Kementerian Luar Negeri RI untuk Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam event Sail Tidore nanti.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Muhammad Ansar menyampaikan apresiasi terkait rencana maupun program Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam pelaksanaan Sail Tidore 2021 mendatang.

Ia menyatakan, kedatangannya ke Tidore, selain bersilaturahim juga ingin menjalin kerjasama serta mendukung Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam rangka event Sail Tidore 2021.

“ Saya berharap bahwa tidore tak hanya menjadikan moment ini sebagai seremoni saja, tetapi harus mampu memanfaat moment ini untuk mengembalikan kejayaan Tidore sebagai salah satu factor yang mempengaruhi peradaban dunia khususnya eropa untuk mewujudkannya dan harus menggalang dukungan dari berbagai pihak termasuk para akademisi di Kota Tidore Kepulauan maupun di Maluku Utara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, Muhammad Ansar juga membawa serta Direktur Eropa I Dino R. Kusnadi, Kepala Subbag Organisasi dan Tata Laksana Juriani Nurhayati, Kepala Subbag Diseminasi dan Publikasi Arya Putubaya, Pejabat Fungsional Sturmius Teofanus Bate dan Bendahara Karina Widhia yang akan melihat langsung potensi dan fasilitas di Kota Tidore Kepulauan.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan shalat jumat bersama di Masjid Kesultanan Tidore dan silaturahim di Kadaton Kesultanan Tidore. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini