KPU Kota Tikep : Dapil II dan III Pemilu 2019 Berubah

/ Senin, 09 April 2018 / 12.57
Jainal Yusup (Anggota KPU Kota Tidore Kepulauan)

TIDORE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah mengeluarkan keputusannya dengan Nomor 295/PL.01.3-kpts/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota di wilayah Provinsi Maluku Utara dalam pemilu tahun 2019 mendatang. 

Hal itu disampaikan Ketua Divisi Teknis KPU Kota Tidore Kepulauan Jainul Yusup bahwa semua kab/kota di seluruh Indonesia mengalami perubahan dapil termasuk 10 kab/kota di Provinsi Maluku Utara termasuk Kota Tidore Kepulauan ini merupakan  kebijakan KPU RI. 

“ Perubahan dapil untuk setiap daerah di awali dari ibukota Kabupaten/Kota, dapil selanjutnya mengikuti arah jarum jam,” ungkapnya Jainul Yusuf kepada wartawan media ini. Senin (9/4/2018). 

Jainul menjelaskan, untuk Kota Tidore Kepulauan di mulai dapil 1 Ibukota Pemerintahan Daerah Kota Tidore Kepulauan meliputi Kecamatan Tidore dan Kecamatan Tidore Timur (tidak berubah seperti pemilu sebelumnya) dan untuk dapil II (dua), karena mengikuti arah jarum jam. 

“ Maka dapil II di daratan Oba pulau Halmahera meliputi kecamatan Oba Utara, kecamatan Oba Tengah, kecamatan Oba dan kecamatan Oba Selatan mengalami perubahan untuk pemilu 2019,” tuturnya.

Sementara dapil III (tiga) kembali pulau Tidore meliputi, Kecamatan Tidore Selatan dan Kecamatan Tidore Utara (berubah pemilu 2019), kata Jainal. 

Untuk alokasi kursi jumlah kursi tidak ada perubahan sesuai usulan KPU Kota Tidore Kepulauan pada bulan Februari 2018 kemarin. Dimana Dapil I (satu) yang meliputi (Kecamatan Tidore-Kecamatan Tidore Timur) dengan jumlah kursi sebanyak 8 (delapan) kursi. 

“Untuk dapil II (dua)  yang meliputi (Oba Utara-Oba Tengah-Oba dan Oba Selatan) dengan jumlah kursi sebanyak 10 (sepuluh) kursi, dan selanjutnya untuk dapil III (tiga) yang meliputi (Kecamatan Tidore Selatan dan Tidore Utara)  dengan jumlah kursi sebanyak 7 kursi  (tujuh),” ujarnya. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini