Memperingati Hari Kartini, Gamhas-Mu Gelar Refleksi Depan Pasar Gamalama

/ Sabtu, 21 April 2018 / 23.42

Gamhas-Mu

TERNATE -Guna memperingati hari Kartini Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial (Gamhas-Mu) menggelar refleksi Hari Kartini di depan pasar Gamalama, kota Ternate, Aksi dimulai dari jam 14 : 30 Wit sampai dengan selesai.

Sebagaimana yang sampaikan oleh Kordinator lapangan Tini Rijal, saat diwawancarai wartawan Sabtu (21/04/2018) di lokasi aksi, mengatakan, bahwa aksi ini sebagai bentuk kehormatan Kepada R.A Kartini, sebagai sosok perempuan yang perduli terhadap penindasan serta buta huruf yang dialami bangsa pribumi saat itu.

"Saat ini perempuan harus menunjukan keberadaannya, agar publik tahu, bahwa perempuan juga punya peran penting dalam memperjuangkan bangsa Indonesia," ujarnya

"Aksi ini, tidak lain sebagai bentu kebanggaan dan kecintaan kita terhadap pahlawan perempuan Indonesia, dimana pada saat itu, bangas Kolonialisme membungkam kebebasan perempuan, tapi Kartini tidak, sungguh luar biasa sosok Kartini," pungkasnya

Tini menambahakan, bahwa perempuan harus sadar, bahwa sampai saat, kekerasan terhadap perempuan masih merjala lelah, baik dalam rumah tangga, lingkungan dan lain-lain. Sehingga kesadaran itu diperlukan, tidak hanya perempuan sendiri, tetapi kesadaran pun ada pada diri laki-laki, agar sama-sama, mengangkat harkat dan martabat perempuan.

"Stop diskriminasi perempuan, dan hari Kartini ini, sebagai pembelajaran bagi kita semua, agar penting untuk meneruskan titah perjuangan Kartini muda Maluku Utara dan selamat hari Kartini," tutupnya. (RN)
Komentar Anda

Berita Terkini