Mendikbud Menargetkan 2019, UN SMA/SMK 100 Persen UNBK

/ Rabu, 04 April 2018 / 20.11

Mendikbud Muhadjir Effendy
JAKARTA -  Tahun ini ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) belum dapat diterapkan 100 persen untuk seluruh sekolah pelaksana ujian nasional (UN). Dengan begitu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menargetkan  di tahun 2019 seluruh sekolah jenjang SMA/SMK akan menerapkan UNBK  100 persen.

“SMA dan SMK tahun depan sudah bisa dilaksanakan UNBK. Yang masih terkendala SMP, karena masih banyak di remote area. Dan mudah-mudahan mulai tahun ini kita berikan afirmasi untuk SMP-SMP di wilayah perbatasan dan tertinggal agar bisa terpenuhi (syarat UNBK),” ujar Mendikbud saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 29 Jakarta, Senin (2/4/2018) kemarin.


Mendikbud mengatakan pemerintah akan memberikan perhatian khusus untuk wilayah-wilayah pinggiran-pinggiran yang masih melaksanakan UN berbasis kertas dan pensil (UNKP). “Tentu saja daerah-daerah yang terpencil akan kita berikan prioritas tahun depan, terutama dalam memberikan bantuan-bantuan yang diperlukan supaya bisa segera memenuhi ketentuan, dan bisa memenuhi standar, sehingga bisa melaksanakan UNBK,” kata Muhajir.

Ia juga mengimbau pemerintah daerah agar mengizinkan sekolah yang sudah siap menerapkan UNBK menjadi sekolah pelaksana UNBK. Menurutnya, banyak sekolah di perbatasan yang sudah melaksanakan UNBK. Tahun lalu, saat ia berkunjung ke Maluku, ia menemukan ada SMK yang sudah siap menjadi sekolah pelaksana UNBK, tetapi terhalang oleh kebijakan pemerintah daerah yang meminta semua sekolah menerapkan UN berbasis kertas dan pensil (UNKP). 

“Makanya tahun ini saya minta semua sekolah yang sudah siap (UNBK) tidak boleh diseragamkan (UNKP). Kalaupun pemprov menetapkan UNKP, sekolah yang sudah siap UNBK tetap diperbolehkan UNBK,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud per 9 Maret 2018, saat ini ada 18.353 SMA/MA (87 persen) dan 12.495 SMK (96 persen) yang melaksanakan UNBK. Sementara itu, sekolah jenjang pendidikan menengah yang melaksanakan UNKP hanya 2.790 SMA/MA (13 persen) dan 559 SMK (4 persen). (Tim)
Komentar Anda

Berita Terkini