Mulai tanggal 22-26 April 2018 Pendaftaran Calon DPD RI Resmi Di Buka

/ Rabu, 18 April 2018 / 00.51



Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin Dan Kasubag Hukum, Irwanto Djurumudi 

TERNATE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) malut mulai tanggal 22 – 26 april tahun 2018 secara resmi akan membuka pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI). Dengan demikian, Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut)  mengingatkan bakal calon anggota DPD-RI agar lebih teliti dalam pengumpulan syarat minimal dukungan untuk maju pada pemilu 2019.

ketua Bawaslu malut,Muksin Amrin dalam konferensi pers yang digelar di ruang Gakkumdu kantor Bawaslu malut. Selasa (16/4/2018) menyapaikan, pendaftaran yang dimaksud bukan perorangan mendaftar sebagai bakal calon anggota DPD-RI akan  tetapi masih dalam tahapan penyerahan syarat minimal dukungan seperti halnya calon independen.

“ini merupakan langkah awal atau tiket yang harus di penuhi peserta sebelum resmi di tetapkan menjadi bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) dalam pemilu 2019 nanti”.jelas muksin

Lanjutnya, Sejauh ini sudah dua puluh tujuh (27) peserta yang mengambil formulir pendaftaran di KPU dan tidak menutup kemungkinan bakal lebih dari tiga puluh (30) peserta yang akan mendaftar sebagai bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik indonesia (DPD-RI).

"sehingga dirinya (Muksin) menginggatkan kepada peserta agar lebih teliti dalam pengumpulan syarat menimal dukungan untuk menjadi bakal calon, pasalnya konsen utama penyelenggara pemilu yaitu Kartu Tanda penduduk (KTP) harus sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tidak terjadi ganda maupun fiktif, kemudian sebagaimana di isyaratkan didalam Undang undang nomor 7 tahun 2017  tentang pemilu syarat dukungan harus tersebar di 50% di kabupaten/kota". Bebernya

menurutnya, Maluku utara sendiri terdiri dari 10 kabupaten/kota maka minimal dukungan suara tersebar di 5 kabupaten/kota  kalaupun kurang dari 5 kabupaten/kota maka daftar dukungan tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat dapat di diskualifikasi (gugur).

“Dirinya menjelaskan, selain Komisi pemilihan Umum (KPU), Bawaslu juga akan terlibat secara langsung melakukan pengawasan terhadap proses pemeriksaan syarat minimal dukungan yang di serahkan oleh peserta bakal calon  anggota DPD-RI ".jelasnya
Dirinya berharap, calon DPD RI dapat segera melakukan pendaftaran Sehingga apabilah nanti masih terdapat kekurangan maka dapat diperbaiki kembali sampai tanggal 26 april 2018.tuturnya (RN)

Komentar Anda

Berita Terkini