Panwascam Tidore Utara Gelar Rakor Pengawasan Partisipatif

/ Selasa, 10 April 2018 / 12.23
Panwascam Kota Tidore Utara

TIDORE - Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Tidore Utara menggelar rapat koordinasi (Rakor) pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 mendatang. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula penginapan Bugenvil kelurahan Soasio. Selasa (10/4/2018)

Ketua Panwascam Tidore Utara, Sukardi Daut dalam sambutannya mengatakan kegiatan rakor pengawasan partisipatif ini dilaksanakan sebagai bagian dari tugas penyelengara pengawas pemilu di tingkat Kecamatan. Hal itu sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bangsa kita saat ini berada dalam musim pilkada dan pemilu legislatif, Pilpres 2019. Apalagi sekarang kita sedang menghadapi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara yang saat ini tahapannya sudah berjalan hingga sampai pada  tahapan kampanye.

Lebih jauh Sukardi menjelaskan, penyelenggara pemilu tidak hanya terletak pada tugas penyelengara, baik itu oleh Bawaslu RI serta jajarannya hingga sampai pada tingkat panwaslu kecamatan dan pengaws pemilu lapangan (PPL) maupun KPU RI serta jajarannya hingga sampai di tingakat KPPS ini menjadi tugas dan tanggunjawab bersama semua kompnen masyarakat,” paparnya.

Sukardi menambahkan, ada tiga  komponen  utama yang kita ketahui sebagai subyek penyelengaraan pemilu diantaranya, penyelenggara, peserta pemilu, dan pemilih atau masyarakat, dalam hal ini sebagai penyelengara pemilu harus punya integritas yang baik, memiliki independensi serta nertalitas. Dan peserta pemilu juga harus mentaati segala aturan baik UU pemilu maupun aturan pelaksanaan tehnis lainya. 

" Pemilih atau masyarakat, peran partisipatf dalam  mensuksesnya pemilu sangatlah penting, masyarakat harus menyadari betul substansi penyelengaraan pemilu yang di laksanakan dalam 5 tahun sekali. Pemilu tak sekedar ajang kontestestasi namun lebih jauh dari itu kita harus menyadari betul lewat pemilu karena rakyat punya legitimasi dan peran penting dalam menentukan nasib pembangunan selama 5 tahun kedepan," katanya.

Ia juga mengajak marilah kita sama-sama mengawal dan melaksanakan penyelengaraan pemilu ini berdasarkan asas Luber, jujur dan Adil, tutupnya.
Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh lima pemateri yakni Devisi pengawasan Panwaslu kota Tidore Kepulauan Munir Hj. Mahmud, Mewakili Kapolsek Tidore Utara, Kanit Binmas Polsek Tidore Utara Bripka Hasan Hamid, Ketua Panwaslu Kecamatan Tidore Utara Sukardi Daud, Devisi Pengawasan Tidore Utara Iswan Dukomalamo, Devisi Hukum dan penindakan Muhammad Baba.
 
Hadir dalam kegiatan itu pula Devisi pengawasan Panwaslu Kota Tikep Munir Hi. Mahmud, Mewakili Kapolsek Tidore Utara, Kanit Binmas Polsek Tidore Utara Bripka Hasan Hamid beserta anggota PPL dan sejumlah masyarakat lainnya. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini