Pemkot Tikep Berhasil Kembangkan Padi Gogo Varietas Inpago Unsoed Satu

/ Minggu, 08 April 2018 / 19.33
Walikota Tidore H. Ali Ibrahim memanen padi Gogo Varietas Inpago Unsoed 1 milik warga Kelurahan Gurabati Tidore
TIDORE- Padi Gogo Varietas Inpago Unsoed 1 (satu), kini berhasil dikembangkan di Kelurahan Gurabati, Kecamatan Tidore Selatan, Maluku Utara. Hal itu  dilihat  saat Walikota Tidore H. Ali Ibrahim melakukan panen di ladang milik Kader Arahaman, Minggu (8/4). 

 Kendati masih dalam proses percobaan yang ditanam diladang dengan luas 0,20 hektar dengan sistem Tanpa olah Tanah (TOT) namun hasilnya sangat maksimal. 

 “ Padi ini merupakan Padi Gogo Aromatik yang toleran terhadap kekeringan, tahan terhadap penyakit blass ras 133 dan agak tahan wereng. Varietas ini sangat sesuai ditanam pada musim sadon atau musim tanam II yaitu peralihan dari musim hujan ke musim kemarau,” ungkap Ali Ibrahim. 

Pemerintah Daerah Tidore Kepulauan akan terus memberikan dorongan dan  dukungan kepada para petani untuk terus melakukan pengembangan padi gogo. 

 “Panen hari ini, merupakan wujud nyata realisasi visi dan misi Pemerintah Daerah, sekaligus pengembangan program emas hijau di Kota Tidore Kepulauan, menuju Kota Jasa Berbasis Agro-Marine” tutur Walikota. 

Hal itu ditambahkan, Kepala Seksi Produksi dan Pemasaran Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kota Tidore, Muhammad Taher bahwa padi yang di panen kali ini, hasilnya tidak berbeda jauh yang dikembangkan di Kelurahan Akelamo, karena Gogo varietas yang dikembangkan di Kelurahan Gurabati ini masih ditanam secara biasa dan belum disentuh teknologi. 

“ Insya Allah Tahun 2018 melalui anggaran APBN, Kota Tidore Kepulauan akan memperoleh 20 Hektar untuk pengembangan padi gogo, untuk itu Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan akan mendorong beberapa Hektar khusus untuk para petani di Pulau Tidore yang mau mengembangkan Padi Gogo,” pungkas Taher. 

Pada kesempatan itu pula sebelum melakukan panen Walikota Tidore memberikan bantuan untuk pembangunan Musholah Ali Ibrahim serta bantuan bibit manga  di perumahan 50 Kelurahan Gurabati. 

Sementara turut hadir dalam panen adalah Asisten Sekda Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Muhamad Yasin beserta sejumlah pimpinan SKPD, Camat Tidore Selatan, Lurah Gurabati, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh pemuda serta warga masyarakat Kelurahan Gurabati. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini