Pemkot Tikep Gelar Rapat Persiapan Sail Megalhen City

/ Rabu, 04 April 2018 / 15.15

Rapat Pembahasan Pelaksanaan Sail Megalhen City

TIDORE- Sekretaris Daerah Pemkot Tidore Kepulaun Thamrin Fabanyo memimpin rapat persiapan bahan presentasi Walikota dihadapan Menteri Kemaritiman tentang Sail Megalhen City yang dilaksanakan di Tidore dan pembentukan panitia lokal Sail Tidore didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Yakub Husain dan Kepala Bidang Kebudayaan Syahidusahar M. Zen, bertempat di ruang rapat Walikota. Selasa (3/4/2018) kemarin.

Thamrin Fabanyo, mengingatkan kepada pimpinan SKPD agar dalam waktu dekat mempersiapkan bahan yang akan dipresentasikan Walikota terkait dengan teknis dihadapan Menteri Kemaritiman  sehingga sekembalinya Walikota dari Malaysia dalam rangka mendampingi Menteri Desa dan PDT dalam kegiatan pameran Indonesia Archipelago Exhibition 2018 di Kedubes RI di Kuala Lumpur akan bertemu Menteri Kemaritiman untuk presentasi sehingga Sail Tidore bisa terlaksana.

“ Kota Tidore Kepulauan masuk dalam anggota Jaringan Global Kota Megalhen yang mana akan melaksanakan Napak Tilas 5 Abad silam. kegiatan ini  sudah dibahas pada pertemuan-pertemuan Jaringan Global Kota Megalhen,” papar Thmarin.

Pada pertemuan Jaringan Global Kota Megalhen ke VII di Argentina. Thamrin mempresentasikan bahwa mewakili Tidore saat mengikuti pertemuan tersebut. Sebelum Sail Tidore 2021 akan dilaksanakan pertemuan ke VIII  Afrika Selatan dan Pertemuan Ke IX di Tidore.

Olehnya itu, perlu pesiapan yang matang dalam pelaksanaannya.  “Arah kompas yang menunjukan dunia itu bulat ditemukan di Tidore,” Pada peta perjalanan Megalhen Kota Tidore nampak jelas dipeta itu membuktikan bahwa kota Tidore sudah dikenal sejak dulu karena rempah-rempahnya seperti cengkeh, pala dan kayu manis, jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yakub Husain  menambahkan dengan adanya pelaksanaan Sail Tidore ini, maka akan berdampak terhadap pemanfaaatn wisata dunia, pertumbuhan dan pengembangan ekonomi wilayah serta edukasi sejarah. Untuk itu marilah sama-sama kita sukseskan terlaksananya Sail Tidore ini dengan persiapan sarana dan prasarana yang memadai.

“ Jaringan Global Kota Megalhen dan rancangan teknis panduan acara kegiatan- kegiatan yang akan dilaksanakan pada Sail Tidore 2021 yang mana infrastrukturnya mengikuti  konsep acara sesuai dengan alur perjalanan Megalhen,” ujarnya. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini