Perdana, Fakultas Kedokteran Unkhair Ternate Gelar Seminar

/ Minggu, 08 April 2018 / 19.12
Dr. Marhaeni Hassan (Dekan Fakultas Kedokteran Unkhair Ternate)


TERNATE - Fakultas Kedokteran Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, perdana menggelar seminar dan Workshop dengan tema “Peran Kedokteran Kelautan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat di Maluku Utara” di Hotel Emerald. Pada Sabtu (7/4/2018). 

Kepada wartawan Nusantaratimur com, Dekan Fakultas Kedokteran Khairun Ternate, Marhaeni Hasan menyatakan Fakultas Kedokteran sudah dua angkatan, sejak pihaknya diberikan ijin untuk mendirikan fakutas tersebut. Selain fakultas kedokteran juga  kelautan. 

“Ini merupakan seminar pertama karena saat perkuliahan, fakultas kedokteran memberikan perkuliahan pada mahasiswa semester 6 dalam bentuk seminar, dan ini salah satunya. Peserta yang kami targetkan sebanyak 300 peserta dan kini yang mendaftar 285 peserta, Alhamdulillah tercapai target,” katanya. 

Dia menyatakan, fakultas kedokteran, pada dasarnya lebih diarahkan kepada kelautan dan kepulauan. Hal itu disebabkan karena banyak orang yang menyelam sehinga pihaknya diberi ijin untuk membuka fakultas kedokteran tersebut. 

“Semua penyakit apapun, kami punya link dari fakultas kedokteran, unversitas khairun, dan RSUD Chasan Boesoire. Rumah sakit tersebut punya tanggap darurat, jadi kalau orang tengelam kapan pun 1x24 jam, kami punya mobil ambulans, dokter, perawat dan lain sebagainya yang disiagakan,” ujar dia.

Marhaeni menambahkan, suatu saat jika mahasiswa kedokteran memasuki sememter delapan setelah mencapai gelar sarjananya, dia akan clouse up ke RS Umum. Olehnya, bersangkutan sudah mempersiapkan hal-hal yang akan terjadi. Disamping memberikan perkuliahan, juga ada hal-hal gawat darurat yang kemungkinan terjadi. 

“Seperti akibat tengelamnya kapal, orang yang menyelam, penyelam mutiara, menyelam ikan, binatang-binatang laut yang bisa megakibatkan gatal, alergi yang bisa berujung maut. Makanya Fakultas kedokteran ini yang harus memulai,” tutur Marhaeni. 

Menurutnya, seluruh fakultas kedokteran yang ada di Indonesia memiliki kelebihan masing-masing. Itu sebabnya, ia berharap Fakultas Kedokteran Khairun Ternate kedepan menjadi solusi. 

“Tidak perlu keluar daerah, semoga Fakultas Kedokteran menjadi laboratorium terbesar di dunia,” harap Marhaeni. (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini