Perekaman E-KTP Belum Tuntas, Plt Walikota : Kendalanya di Masyarakat

/ Sabtu, 07 April 2018 / 00.01
Plt. Walikota Ternate H. Abdullah Tahir


TERNATE -  Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Ternate Abdullah Tahir nampaknya mulai prihatin atas kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ternate terkait pembentukan Spot perekaman E-KTP yang berada di sejumlah titik di kota Ternate. 

Keprihatin itu, ketika Plt Walikota  Ternate terlihat meninjau dan pemantauan sejumlah spot perekaman E-KTP di KotaTernate Selatan. 

"Jadi pantauan saya ini terkait dengan KTP yang mengalami perbedaan angka antara Dukcapil dengan KPU. Nah, hasil pantauan saya ini ternyata kendalanya ada di masyarakat bukan petugas. Namun masyarakat belum sadar akan dengan perekaman E-KTP sehingga ini mengalami keterlambatan perekaman," ungkap Abdullah Tahir saat di ditemui di Kantor Camat Ternate Selatan. Jumat (06/04/2018). 

Ia memaparkan, ada sejumlah titik perekaman E-KTP yang mengalami kendala, namun kendala itu tidak bersumber pada petugas, Melainkan dari masyarakat itu sendiri. Ia bahkan menyatakan salah satu spot perekaman telah di buka spot, namun masyarakat tidak mendatangi tempat perekaman yang telah disediakan Pemkot Ternate seperti di moti. Kendati di buka spotnya,  akan tapi masyarakat tidak mau datang. 

 “ Ini kan bukan kesalahan petugas namun masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya memiliki KTP elektronik. Di Moti kemarin petugas hanya berhasil melakukan perekaman sebanyak 100 orang," pungkasnya. 

Kondisi  itu terjadi hampir di seluruh kecamatan se-Kota Ternate. Karenanya ia berharap agar masyarakat menyadari terkait pentingnya memiliki KTP elektronik.  " Kejadian di Moti itu sama dengan kecamatan lain di Kota Ternate,” tukasnya. 
 
“ Intinya masyarakat tidak menyadari. Saya menghimbau agar masyarakat yang belum melakukan perekaman agar sesegera mungkin datang di spot yang telah disediakan petugas," tambahnya. 

Jadwal perekaman E-KTP telah ditentukan, namun bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman segera mendatangi spot yang disediakan. 

“ Jadwalnya sudah ditetapkan tanggal 10 April, dan itu sudah harus selesai perekamannya, jadi masyarakat segera melakukan perekaman," ujarnya. (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini