Satgas 732/Banau, Perbaiki Rumah Keluarga Tidak Mampu di Desa Simau

/ Minggu, 29 April 2018 / 23.23

HALUT -  Ibu Johra itu lah sebutan warga Desa Simau,  Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Ia sangat bersyukur setelah mendapatkan bantuan dari Pos Satgas SSK-1 YRK-732 Banau. 

Pasalnya, janda berusia 70 tahun ini yang tinggal di rumah yang tidak layak dihuni bersama 10 anaknya selama 30 tahun itu,  tak menyangka rumah milik akan direnovasi.

Bahkan, ketahui anak-anak ibu Johra tidak memiliki pekerjaan tetap, dan di usianya yang sudah senja beliau sudah tidak mampu lagi melakukan aktivitas yang berat.
Sehari-hari ibu Johra hanya dibantu seorang anaknya memanfaatkan pisang dan umbi-umbian hasil kebun miliknya untuk dijual ke pasar.

Dengan keterbatasan dana dan tenaga, Ibu Johra tinggal di sebuah rumah beralas tanah, dengan atap yang banyak bocor, dinding papan yang lapuk, dan lantai kamarnya selalu tergenang saat hujan. Dinginnya malam tak mampu dibendung oleh dinding papan rumahnya yang sudah lapuk. Kebunnya pun tampak kurang terawat akibat seringkali dimasuki hewan ternak yang bebas berkeliaran.

Berkat  sentuhan tangan Danki Pos SSK-1 YRK-732 Banau, Lettu Inf Danil Supriatama,  rumah ibu Johra akhirnya direnovasi. " saya sangat tersentuh dengan kondisi ibu Johra sehingga itu saya coba berkoordinasi dengan kepala desa (Kades) Simau, Muhdin Abdul Ghofur, sekaligus penggagas bedah rumah Ibu Johra, " ujarnya.

Menurut Danil Supriatama, dirinya bersama anggota SSK-1 bergerak menuju rumah ibu Johra, dan selama 5 hari, mereka mengumpulkan bahan dan mulai bekerja. pertama menyasar lubang di atap rumah, dinding  yang lapuk dan mengecor lantai. serta menjaga hasil kebun Ibu Johra dari ternak, dibuat pagar sekeliling rumahnya.

" Kami rehab semuanya, agar ibu Johra dan ke 10 anaknya tidak lagi merasa dingin di malam hari, serta kebunnya kami memang pagar di sekelilingnya agar binatang tidak lagi merusak tanaman ibu Johra, " jelasnya.

Di tempat terpisah, Dansatgas 732 Banau, Letkol Inf Raymond Sitanggang menuturkan, membantu mengatasi kesulitan rakyat adalah jiwa seorang prajurit sejati, yang juga lahir dari rakyat. Bangsa kita hebat karena memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi dan semangat untuk bersatu.

“ Ini yang harus kita wariskan kepada anak cucu kita. Dimulai dari hal-hal kecil yang kita lakukan terhadap lingkungan sekitar untuk menjadikannya lebih baik, " tuturnya.

Rasa syukur dan ucapan terima dari ibu Johra sebagai pemilik rumah juga disampaikan kepada Pemerintah Desa Simau dan Satgas. “ Kerusakan rumah yang saya tinggali ini sudah lama. Saya tidak punya biaya untuk memperbaikinya saya berterima kasih” ucapnya sambil menangis. (tim)
Komentar Anda

Berita Terkini