Soedarmo : Kesiapan Tuan Rumah PON XX 2020 Sudah Mencapai 20 Persen

/ Kamis, 26 April 2018 / 23.37
Mendagri Tjahjo Kumolo saat kuker Papua
JAKARTA - Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo mengatakan kesiapan Provinsi Papua menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 telah mencapai 70 persen. Soedarmo optimistis, Papua siap menjadi tuan rumah yang baik perhelatan akbar olahraga antar provinsi tersebut.

Kesiapan Papua jadi tuan rumah PON XX tahun 2020, diungkap Soedarmo saat memaparkan progres kesiapan Papua di depan peserta Rapat Anggota KONI se Indonesia, di Grand Hotel Bidakara Jakarta, kemarin. Menurut Soedarmo, Papua sudah siap jadi tuan rumah PON.

"Semua stakeholder sudah bekerja keras untuk mensukseskan multi ivent empat tahunan tersebut," kata Soedarmo yang juga  Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri tersebut.seperti dikutip laman Website Kemebdagri. Kamis (26/4).

Bagi masyarakat Papua sendiri, lanjut Soedarmo, ajang PON maknanya sangat penting. Sebuah kehormatan bagi masyarakat Papua, PON digelar di bumi Cendrawasih. Ini tentu jadi kebanggaan tersendiri, Papua dipercaya jadi tuan rumah. Dan kepercayaan ini merupakan tantangan yang harus dijawab dengan tanggung jawab bersama.

"Dengan diselenggarakan PON di Papua membawah dampak kepada pembangunan dan perekonomian di Papua," ujarnya.

Soedarmo juga membeberkan kesiapan bidang pertandingan. Menurutnya, bidang pertandingan menjadi bidang paling penting dalam mensukseskan ajang PON. "  Bidang Pertandingan PON XX Papua 2020 sudah menyelesaikan kesiapan untuk 47 cabang olahraga dengan 69 Disiplin Olahraga, dan Nomor Pertandingan 770, kuota Atlet dan officials 10.485, panitia pelaksana 8.896, serta peralatan pertandingan dan pendukung pertandingan," tutur Soedarmo.

Sedangkan kesiapan venue yang akan dipakai dalam PON, kata dia, progresnya cukup menggembirakan. Kesiapannya mencapai 70%. Tinggal sekarang menggenjot penyelesaian pembangunan sisa venue yang dibangun baru.

"Ini  akan dikontrakkan pada 15 Mei 2018, dengan demikian seluruh venue akan siap 100% pada akhir tahun 2019," katanya.

Dijelaskan juga oleh Soedarmo, bahwa pemerintah Papua  mendapatkan alokasi venue sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomlr 10 Tahun 2107. Dalam Inpres itu disebutkan alokasi venue  sebanyak lima arena yaitu, Kolam Renang, Istora, Lapangan Hockey, Lapangan Cricket dan Velodrome.

"Kami sampaikan bahwa ketersediaan venue pada tahun 2020 siap untuk menyelenggarakan semua cabang olahraga, yaitu 47 Cabang Olahraga dan 69 Disiplin Olahraga yang memperebutkan 770 medali emas," katanya. (Tim)
Komentar Anda

Berita Terkini