Tim Buser Polres Ternate Ringkus Spesialis Pembobol Bagasi Motor

/ Kamis, 19 April 2018 / 21.04
Pelaku HSI saat diamankan Polres Ternate, Kamis (19/4)
TERNATE-  Tim operasional buruh sergap (Buser) Polres Ternate berhasil meringkus pelaku spesialis pembobol bagasi yang selama ini meresahkan warga masyarakat Kota Ternate.

Keterangan Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda melalui Wakapolres Kompol Jufri Dukomalamo menyatakan, penangkapan pelaku spesialis pembobol kendaraan roda dua yang dilakukan oleh HIS (30) ini merupakan tindak-lanjut dari informasi masyarakat.

“ Laporan tersebut berasal dari masyarakat, setelah mendapat informasi Polres Ternate langsung meringkus pelaku pembobol bagasi pada hari Minggu (15/4) sekitar pukul 18:00 di pelabuhan residen Ternate, yang saat itu sedang melancarkan aksinya,” ungkap Wakapolres Jufri Dukomalamo dalam siaran pers kepada wartawan di Ternate di Mapolres Ternate. Kamis (19/4/2018) siang tadi.

Kata Wakapolres, dalam penangkapan itu, petugas berhasil mengamankan barang bukti  berupa tujuh (7) unit Handhpone berbagai merk yakni dua (2) unit  handhpone Ipone, dua (2) unit handhpone samsung, dua (2) unit handhpone Opo, satu (1) unit hanphpone samsung batangan dan satu kamera serta uang tunai sebesar RP. 244 ribu.

“ Barang yang dicuri oleh HSI merupakan barang bukti untuk di proses lebih lanjut,” tuturnya.
“ Penangkapan pelaku kita akan memberitahukan kepada masyarakat melalui media agar dalam pemberitaan tersebut masyarakat bisa tahu,” sambungnya.

Orang nomor dua di Polres ini juga menjelaskan, pelaku HSI ini sudah menjalankan operasi di kota Ternate sejak tiga bulan lalu, dan pelaku ini merupkan pemain lama yang sudah masuk dalam spesialis pembobol tempat duduk sepeda motor.

Ia menyebutkan, aksi  pelaku ini masih pada satu lokasi yakni lokasi pelabuhan residen, sebab sebelum bereaksi, pelaku terlebih dulu memantau warga yang sedang mandi di pantai dan menaruh handhpone di dalam bagasi motor. Nah, dari situlah pelaku melakukan aksinya.

“ Tersangka ini memantau terlebih dahulu, sebelum melakukan aksi, itu sebabnya pelaku kita jerat dengan pasal 363 KUHP yakni pencurian dan pemberatan,” tegas Wakapolres.

Sampai saat ini, lanjut Wakapolres, tim Buser Polres Ternate sedang melakukan pengembangan untuk mencari tahu. Apakah ada pelaku lain atau kah tidak dalam kasus ini, ujarnya.

Ia menambahkan, atas nama Kapolres Ternate, ia menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari dan jangan memberikan peluang untuk para pelaku khususnya pencuri untuk melancarkan aksinya.

“Kalau ada yang merasa kehilangan HP, silahkan saja datang untuk melaporkan, yang pasti kasus ini terus kita kembangkan,” tutupnya. (YS/ric)
Komentar Anda

Berita Terkini