Wakil Walikota Tidore Hadiri Kegiatan Isra Mi'raj di Oba Utara

/ Selasa, 24 April 2018 / 16.49
Wakil Walikota Tidore, Muhammad Senen

TIDORE- Peringatan Hari Besar Islam benar-benar dimanfaatkan oleh ummat muslim di Kota Tidore Kepulauan dengan berbagai kegiatan. Kemeriahan perayaan keagamaan ini juga dirasakan langsung oleh Walikota bersama Wakil Walikota yang secara bergantian menghadiri undangan masyarakat dalam memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah.


Peringatan Isra Mi’raj 1439 Hijriyah juga dimanfaatkan oleh warga Kelurahan Sofifi Kecamatan Oba Utara dengan kegiatan Tausyiah dan Peresmian Mushollah Ulil Albab kelurahan sofifi Kecamatan Oba Utara, Senin malam (23/4/2018).

Dalam sambutan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Senin mengatakan Kelurahan Sofifi memiliki posisi strategis sebagai Ibu Kota Provinsi Maluku Utara berlahan tapi pasti masyarakat Sofifi dan sekitarnya akan menghadapi situasi benturan budaya. Dimana budaya lokal akan bersaing dengan nilai-nilai budaya baru yang belum tentu sesuai dengan kepribadian masyarakat Sofifi.

Dengan hadirnya rumah ibadah seperti Masjid dan Mushallah diharapkan mampu menjadi benteng keimanan serta berfungsi sebagai filter budaya sehingga masyarakat Sofifi tidak kehilangan jati dirinya sebagai masyarakat yang relijius dan penuh toleransi terhadap perbedaan.

Tak lupa pula Muhammad Sinen mengajak masyarakat kelurahan Sofifi untuk memakmurkan Mushallah Ulil Albab yang telah dibangun dengan susah payah melalui swadaya masyarakat, dan selalu mengisinya dengan kegiatan-kegiatan Ubudiyah sekaligus menjadi pusat pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, ungkap Muhammad Sinen.

Pembawa Hikmah Isra Mi’raj, Ustad H. Usman Muhammad dalam tausyiahnya menjelaskan,  Isra Mi’raj merupakan awal dari lahirnya perintah Sholat. Sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap muslim dalam keadaan apapun.

Dikatakannya, orang yang tidak pernah meninggalkan sholat hatinya akan senantiasa damai. Suasana damai ini penting dalam membangun kehidupan bermasyarakat, apalagi dengan posisi sofifi seperti ini yang sekarang mulai menghadapi persaingan budaya baru dengan budaya lokal. Maka dengan persaingan itu mari kita sama-sama menjaga benteng keimanan biar kita semua tetap dalam kepripadian masyarakat sofifi yang religius, jelasnya.

Sementara itu, Peresmian Mushallah Ulil Albab diresmikan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dengan pengguntingan pita sebagai simbolis.  

Usai meresmikan, Wawali mengharapkan agar mushollah yang baru diresmikan ini bukan saja sebagai bangunan yang hanya simbol keislamanan semata tapi harus diikuti dengan kualitas Sholat kita sebagai salah satu Ibadah pokok yang tercantum dalam Rukun Islam.

Sementara kegiatan turut dihadiri Wakil Wali Kota Tidore, Muhammad Senin bersama sejumlah pimpinan SKPD, Camat Oba Utara, Kapolsek Oba Utara, Danramil 1505-08 Sofifi, tokoh Agama serta tokoh masyarakat setempat dan pembawa hikmah Isra Mi’raj, Ustad H. Usman Muhammad. (Dar)

Komentar Anda

Berita Terkini